Hot!

Babinsa Ngarjo Dampingi Petugas BPP Mojoanyar Sosialisasikan Tanam Kedelai


Mojokerto.    Babinsa Ngarjo Pos Ramil Mojoanyar Kodim 0815 Mojokerto Serda Sarbini turut hadir dan mendampingi Petugas Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Mojoanyar  dalam sosialisasi tanam kedelai yang digelar di Balai Dusun Babatan Desa Ngarjo Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, Selasa malam (25/07/2017).  

Sejumlah 70 orang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Petugas BPP Kecamatan Mojoanyar Shinta, SP., Perangkat Desa, Ketua Kelompok Tani Sri Rejeki Satjuri dan Anggota Poktan Sri Rejeki Dusun Babatan Desa Ngarjo.

Dalam penjelasannya, Petugas BPP Mojoanyar menyampaikan tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini untuk meningkatkan produksi kedelai tahun 2017.  Untuk itu Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan produksi kedelai melalui dua langkah yaitu pertama peningkatan produktifitas dan pengembangan areal tanam kedelai dan kedua melalui pengembangan areal tanam kedelai harus dilakukan perluasan areal lahan kering (tegalan), perkebunan dan lain-lain.

Rendahnya produktivitas disebabkan sebagian besar petani belum menggunakan benih unggul, teknik pengelolaan tanaman masih belum optimal, saluran irigasi yang kurang mendukung serta belum optimalnya pengendalian hama dan penyakit tanaman. 

Usai sosialisasi dilanjutkan tanya jawab seputar materi tanam kedelai diantaranya terkait benih unggul yang dapat mendongkrak hasil panen, teknik pengelolaan tanaman, cara pengendalian hama dan lain-lain.

Secara terpisah, Danramil 0815/10 Bangsal melalui Danpos Ramil Mojoanyar Peltu Dandi Widagdo, mengatakan kehadiran Babinsa dalam kegiatan sosialisasi tanaman kedelai tersebut merupakan bagian dari kegiatan pendampingan ketahanan pangan dalam upaya mensuksekan Program Pemerintah Upsus Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai).  Babinsa akan terus mengawal dan melakukan pendampingan guna peningkatan produktivitas komoditi Pajale (Padi, Jagung dan kedelai), tidak hanya saat sosialisasi namun mulai pendistribusian benih dilakukan pendampingan, jelasnya.  (Penrem 082/CPYJ).

0 komentar:

Posting Komentar