Hot!

Mojoanyar Sasaran Penilaian Lomba Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)




MOJOKERTO.   Kelompok Wanita Tani (KWT) Seroja Desa Kwedenkembar Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto menjadi sasaran penilaian dalam Lomba Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Tingkat Kabupaten Mojokerto Tahun 2017, Selasa (05/12/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut sekitar 85 orang, antara lain Camat Mojoanyar H. Faizun, SH., MM., Kapolsek Mojoanyar AKP Margo Sukwandi, SH, Wakapolsek Mojoanyar Ipda Tri Hidayati, SH., Danpos Ramil Mojoanyar Peltu Dandi Widagdo, Kades Winarko, SE., Bhabinkamtibmas Aipda Mujiono, Babinsa Sertu Bambang Waluyo, Perangkat Desa dan Anggota Kawasan Wanita Tani Seroja Desa Kwedenkembar. 

Sementara dari Tim Penilai lomba yang datang ke lokasi, yakni Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan dan Perikanan (Dispari) Kabupaten Mojokerto Supeno, S.Sos., MM., Kasi Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan Dispari Kabupaten Mojokerto Sulystiyo Haryono, SP.,  Pengawas Mutu Hasil Pertanian Dispari Kabupaten Mojokerto Istiyana, S.Pt.

Kedatangan Tim Lomba KRPL dari Dispari Kabupaten Mojokerto disambut Forpimka Mojoanyar dan Tiga Pilar Desa Kwedenkembar dan Ketua PKK Desa Kwedenkembar, selanjutnya Tim menuju sasaran penilaian di Kelompok Wanita Tani (KWT) Seroja. 

Untuk materi yang dilombakan meliputi, bidang Peternakan, Perikanan, Tanaman Obat Keluarga dan Warung Hidup.   Sedangkan tujuan pengembangan Model KRPL antara lain memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga dan masyarakat melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan secara lestari, meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan di perkotaan atau di pedesaan.

Selain itu, tujuan model KRPL itu untuk mengembangkan sumber benih atau bibit untuk menjaga keberlanjutan pemanfaatan pekarangan dan melakukan pelestarian tanaman pangan lokal untuk masa depan, serta mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga, sehingga mampu meningkatkan pendapatan perkapita demi terwujudnya kesejahteraan keluarga. (Pendim-0815)

0 komentar:

Posting Komentar