Hot!

Optimis : Panen Padi Poktan Budi Luhur Mojosari Capai 7,2 Ton/Ha



Mojokerto.-  Pendampingan ketahanan pangan terus dilakukan para Babinsa Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto. Pendampingan kali ini dilakukan Babinsa Belahan Tengah Pelda Suparman dibantu Batituud Koramil 09/Mojosari Serma Tedy Maryono, bersama Koordinator PPL Kecamatan Mojosari, H. Amin, SP beserta lima orang anggota serta Poktan Budi Luhur Desa Belahantengah yang diketuai Saiful Huda, melakukan pendampingan pengubinan padi di lahan milik Saiful Huda Dusun/Desa Belahantengah, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (19/03/2018).

Koordinator PPL Kecamatan Mojosari, H. Amin, SP., yang didampingi PPL Desa Belahantengah, Maelan, SP., mengatakan hasil dari pengubinan di lahan seluas satu hektar, dengan jenis padi varietas padi Situbagendit, luas ubinan 2,5 meter x 2,5 meter, berat ubinan 4,5 Kg.  Dengan demikian dapat diperkiraan hasil panen nanti mencapai 7,2 ton/hektar.  Sementara harga gabah kering panen (GKP) Rp 4.300,- s.d. Rp 4.400,- dan harga gabah kering giling (GKG) Rp 5.300,- s.d. Rp 5.400,-.

Untuk diketahui, pengubinan ini dilakukan untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian seperti padi dan jagung, dalam luasan satu hamparan (1 ha). Pengubinan ini dilakukan pada tanaman padi yang sudah siap untuk dipanen.

Peralatan yang perlu disiapkan diantaranya bilah besi yang dirangkai sebanyak empat buah dengan ukuran 2,5 m2, alat timbang dan buku panduan dari BPS untuk mencari random kotak ubinan yang akan diambil sebagai sample perhitungannya. Selain peralatan utama tersebut, juga harus disiapkan alat bantu lainnya seperti sabit/pemotong padi, alat perontok padi dan sak/kantong plastik.

Danramil 0815/09 Mojosari Kodim 0815/Mojokerto, Kapten Inf Wiyanto saat dikonfirmasi melalui WhatsApp menjelaskan bahwa pendampingan yang dilakukan para Babinsa sebenarnya tidak hanya dilakukan pada saat pengubinan menjelang panen saja, namun dimulai sejak pengolahan lahan, masa tanam, perawatan hingga masa panen tiba.

“Tentunya, kegiatan ini dikoordinasikan dengan Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Mojosari dan dilakukan bersama-sama secara berkesinambungan”, tegas Danramil. (Pendim-0815)

0 komentar:

Posting Komentar