Hot!

Peran Aktif Babinsa Koramil 0815/09 Mojosari Dalam Pendampingan Ketahanan Pangan




Mojokerto.-  Ketersediaan pangan sangat diperlukan guna menjamin pasokan pangan dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.  Ketersediaan pangan ini merupakan salah satu subsistem dari ketahanan pangan selain distribusi dan konsumsi. 

Dalam upaya membantu ketersediaan pangan demi ketahanan pangan di wilayah, Koramil 0815/09 Mojosari Kodim 0815/Mojokerto melalui Para Babinsa melaksanakan pendampingan di wilayah binaan masing-masing. Hal ini sebagai sebagai upaya khusus ketahanan pangan guna mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah.

Pendampingan ketahanan pangan, kali ini dilakukan melalui pengubinan di areal sawah seluas 0,14 hektar milik Nursalim, Poktan Sekar Tani, Dusun Kemloko Desa Jotangan, Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (21/03/2018). 

Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Koordinator PPL Kecamatan Mojosari, H. Amin, SP beserta 7 orang  anggota PPL, PPL Desa Jotangan Indah Dwi K, SP., Babinsa Desa Jotangan Serka Masruri dan Poktan Sekar Tani.

Hasil ubinan di luasan 2,5 meter x 2,5 meter, didapat panjang malai 15 Cm, jumlah bulir 126 biji, jumlah anakan 14 batang, jumlah rumpun : 13 x 10 rumpun, varietas lR 64, berat ubinan 5.2 kg. Dan diperkirakan produktivitas 7,52 ton/hektar. Sementara harga GKP Rp 4.500,-/kg dan harga GKG Rp  5.500,-/kg.

Masih di wilayah Mojosari, pengubinan juga dilakukan di areal seluas 0,14 hektar milik Sutris, Poktan Rukun Makmur, Dusun Mojosulur, Desa Mojosulur, oleh PPL bersama Babinsa dan Poktan. 

Hasil ubinan di lokasi tersebut, didapat luas ubinan 2,5 m x 2,5 m, panjang malai 15 cm, jumlah bulir 155 biji, jumlah anakan 19 batang, jumlah rumpun 9 x 12 : 108 rumpun, varietas lR 64, berat ubinan  5.7 kg dan diperkirakan produktivitas 8.6 ton/hektar, harga GKP Rp 4.500,-/Kg dan harga GKG Rp 5.400,-/Kg.

Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Koordinator PPL Kecamatan Mojosari yang merangkap PPL Desa Mojosulur, H. Amin SP, Babinsa Mojosulur Serda Jupri Hutagalung, Perangkat Desa dan Poktan Rukun Makmur yang diketuai Sdr. Sutris. 

Untuk diketahui, pengubinan ini dilakukan untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian seperti padi dan jagung, dalam luasan satu hamparan (1 ha). Pengubinan ini dilakukan pada tanaman padi yang sudah siap untuk dipanen. 

Melalui pengubinan ini, hasil panen di dua lokasi dapat diprediksikan mencapai pada kisaran, 7,52 ton hingga 8,6 ton per hektar.  “Tentunya hasil ini sangat menggembirakan, dan ini berkat kerja keras Petani, Poktan yang selalu koordinasi dengan PPL dan Babinsa setempat, ucap Koordinator PPL Kecamatan Mojosari, Amin, SP.

Secara terpisah, Danramil 0815/09 Mojosari Kodim 0815/Mojokerto, Kapten Inf Wiyanto, menuturkan bahwa pendampingan yang dilakukan para Babinsa sudah dikoordinasikan dengan BPP Kecamatan. Dan ini dilakukan tidak hanya menjelang panen saja namun sejak pengolahan lahan, masa tanam, perawatan hingga masa panen, ungkap Danramil. (Pendim-0815)

0 komentar:

Posting Komentar