Hot!

Babinsa Koramil 0815/18 Gondang Bekali Disiplin Pelajar SDN 1 Pohjejer, Gondang, Mojokerto

Mojokerto.       Dalam upaya membantu menanamkan sikap disiplin sejak dini bagi anak didik, Babinsa Koramil 0815/18 Gondang Kodim 0815 Mojokerto, Sertu Sutikno memberikan pembekalan kepada para pelajar saat menjadi pembina upacara dalam upacara bendera di SDN 1 Pohjejer Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto, pada Senin lalu (13/02/2017).

     Dalam arahannya Sertu Sutikno menjelaskan, bahwa makna dan tujuan dari kegiatan upacara bendera rutin di sekolah merupakan salah satu cara untuk menanamkan sikap disiplin dan semangat cinta tanah air di kalangan pelajar SD.  Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai atau tata tertib yang dipercaya yang merupakan tanggung jawabnya. Jelasnya.
           
Lebih lanjut Sertu Sutikno, mengajak dan menghimbau agar para pelajar memulai dari sekarang untuk mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah, keluarga, lingkungan maupun agama.  Belajarlah dengan tertib, disiplin dalam mengerjakan PR atau tugas sekolah dan mengumpulkan tepat pada waktunya,  tepat waktu dalam menunaikan Sholat atau Sembahyang sesuai keyakinan agama yang dianut.  Hormat dan taat kepada orang tua maupun guru, bersikap sopan dan saling menghormati antar sesama walaupun berbeda suku dan agama. Tandasnya.
 Tak lupa, Sertu Sutikno juga mengajak para pelajar untuk senantiasa menjaga kebersihan diri, sekolah, lingkungan dan alam sekitar.  Menjaga kebersihan diri, sekolah dan lingkungan merupakan salah satu cara untuk mencegah terjangkitnya dari berbagai penyakit, terutama saat musim hujan.  Banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kebersihan seperti membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan piket untuk membersihkan kelas secara bergiliran dan teratur, membersihkan dan menguras bak mandi secara rutin.  “Bila lingkungan sekolah kita bersih tentunya proses belajar dan mengajar akan berlangsung nyaman”. Ujar Sertu Sutikno diakhir arahannya.
 Danramil 0815/18 Gondang Kapten Inf Sumiarso menyampaikan, kegiatan upacara bendera yang rutin dilaksanakan termasuk di sekolah merupakan salah satu upaya untuk menanamkan disiplin, sikap Cinta Tanah Air dan Semangat Bela Negara di kalangan pelajar sejak dini.  Beberapa minggu sebelumnya Koramil juga melaksanakan kegiatan serupa di SMK Hayam Wuruk, Gondang. Ucapnya singkat.
 Turut hadir dalam upacara bendera tersebut, antara lain Kepala Sekolah SDN 1 Pohjejer Ibu Faidatun, S.Pd, para Guru dan Staf  TU. 

0 komentar:

Posting Komentar