Hot!

Tim Sergap Mabesad Kunjungi Wilayah Kodim 0815 Mojokerto

MOJOKERTO.       Tim Serapan Gabah Petani (Sergap) Mabesad Kolonel Arh Mandrawan dan Kolonel Inf Dwi Suryo didampingi Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin S.Sos, Pasi Komsos Sterrem 082/CPYJ Mayor Inf MJ Arifin, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Didik Pancaning Argo, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Mojokerto yang diwakili Ibu Rofi, Waka Bulog Sub Divre IV Surabaya Selatan Ibu Anita, Koordinator PPL Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Masuhadak, SP, MMA dan Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Sdri. Wastutuk Muryati meninjau langsung ke lokasi panen, penggilingan padi, KUD Sumber Pangan dan gudang penyimpanan Bulog di wilayah Mojokerto, pada Kamis (06/04/2017).
Usai transit sejenak di Makodim 0815 Mojokerto, Tim Sergap dari Mabesad dengan didampingi Kasdim 0815 dan rombongan langsung menuju areal pertanian yang sedang dipanen para petani di Dusun Sumbersari Desa Sumberkarang Kecamatan Dlanggu dan disambut Danramil 0815/14 Dlanggu Kapten Inf Kasim, Kades, PPL, Gapoktan dan Petani setempat.  Saat di lokasi tersebut Tim Sergap melakukan dialog dengan para petani, diantaranya Ibu Asiah dan Pak Soleh yang menanyakan seputar harga padi dan pupuk.  
Dalam tanggapannya, Tim Sergap Mabesad menyampaikan bahwa PPL dan Babinsa harus lebih maksimal dalam melaksanakan pendampingan kepada petani dan harus mengetahui kendala-kendala yang dihadapi petani termasuk masalah administrasi, dengan menggandeng Kades dan Gapoktan untuk menyelesaikannya.  Pemerintah melalui Kementerian Pertanian berupaya untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan petani yang diwujudkan dalam bentuk program bantuan benih, pupuk, alat mesin pertanian (Alsintan), pompa air dan lain-lain, bahkan saat ini Bulog harus membeli gabah petani sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah. Tambahnya.
Selesai berdialog, Tim Sergap Mabesad menuju lokasi penggilingan padi UD Tambah Jaya milik Sdr. Kaho di Dusun Lengkong Desa Kedunglengkong Kecamatan Dlanggu dilanjutkan peninjauan proses penggilingan padi/beras dan berdialog dengan pemilik huller. Selanjutnya Tim Sergap melakukan panen padi di lokasi panen Dusun Tangunan Desa Tangunan Kecamatan Puri dan disambut Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf EKo Wahyudi beserta PPL.  Di area yang sedang dipanen tersebut, Tim Sergap menyaksikan secara langsung panen padi dengan menggunakan mesin perontok padi, dan pihak Bulog langsung melakukan uji/analisa sample kadar air terhadap padi yang dipanen. Berikutnya Tim Sergap bersama rombongan menuju KUD Sumber Pangan di Dusun Kali Putih Desa Kebon Agung Kecamatan Puri untuk meninjau proses penjemuran dan pengilingan padi. 
           
Diakhir lawatannya, Tim Sergap menuju Gudang Bulog Sub Divre IV Surabaya Selatan di Jalan Raya By Pass Kelurahan Gunung Gedangan Kecamatan Magersari Kota Mojokerto dan diterima oleh Danramil 0815/19 Magersari Kapten Inf Heru Widodo CP dan Kepala Gudang Bulog Gunung Gedangan Sdr. Eko Yudi Miranto, selanjutnya Tim Sergap menerima penjelasan dari Kepala Gudang Bulog terkait distribusi beras dari petani ke Gudang Bulog yang melalui analisa dan pemeriksaan kualitas beras. (Penrem 082/CPYJ).

0 komentar:

Posting Komentar