Hot!

Kasdim 0815 Mojokerto, Danup Pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila


MOJOKERTO.         Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila untuk pertama kalinya secara serentak diselenggarakan secara nasional. Di Korem 082/CPYJ, Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila berlangsung di Lapangan Cikaran Jl. Gajah Mada No. 4 Kota Mojokerto dengan Irup Danrem 082/CPYJ Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo, S.IP, serta Komandan Upacara (Danup) dijabat Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin Kamis (01/06/2017).


Komandan Korem 082/CPYJ Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo, S.IP, yang bertindak sebagai Irup dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang mengusung tema  "Saya Indonesia, Saya Pancasila”, membacakan sambutan Presiden RI intinya, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehinga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Harus diingat bahwa kodrat Bangsa Indonesia adalah keberagaman. Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebhinnekaan dan keikaan kita, adanya sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila, masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang menggaungkan hoax alias kabar bohong”.

Lanjut Danrem “Saya mengajak peran aktif seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila, dengan meningkatkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  Komitmen Pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat, berbagai upaya terus dilakukan antara lain diundangkannya Peraturan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.  Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan.

“Kita harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila.   Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang Anti-Pancasila, Anti-UUD 1945, Anti-NKRI, Anti-Bhinneka Tunggal Ika.   Pemerintah pasti bertindak tegas jika masih terdapat paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas sudah dilarang di bumi Indonesia.”   “Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila.   Semua Anda  Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila.  Ucap Danrem dalam penutup sambutannya.

Hadir dalam upacara tersebut kurang lebih 300 orang, antara lain Kasrem 082/CPYJ Letkol Inf Moch. Sulistiono, Para Dan/Ka Balak/Bapras Jajaran Rem 082/CPYJ, Para Kasi dan Pasi Korem 082/CPYJ, Gabungan Pama Korem 082/CPYJ, Kodim 0815 dan Bapras Jajaran Rem 082/CPYJ,  Pok Korsik, Regu Denpom V/2 Mojokerto, SSK Kodim 0815, SST Gabungan Bapras Jajaran Korem 082/CPYJ, SST Pasukan Bersenjata Korem 082/CPYJ dan SSK Gabungan PNS jajaran Korem 082/CPYJ. (Dim/Pen).

0 komentar:

Posting Komentar