Hot!

Dinas Pertanian, Koordinator PPL Dan Babinsa Sosialisasikan Pestisida Nabati

Mojokerto.    Upaya membantu petani dalam meningkatkan hasil pertanian dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya mengendalikan hama yang biasanya menyerang tanaman melalui pembuatan pestisida nabati untuk hama dan penyakit tanaman. 

Mengingat pentingnya bagi para petani untuk mengetahui pembuatan pestisida nabati tersebut, maka Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto melalui Ibu Sukarlina, SP., MMA. dan Koordinator PPL Kecamatan Pungging Abdur Rouf, SP dengan didampingi Babinsa Koramil 0815/11 Pungging Serka Mochammad Ainun, melaksanakan sosialisasi pembuatan pestisida nabati bertempat di Balai Dusun Jelak Desa Tunggal Pager Kecamatan Pungging, Mojokerto, Selasa malam (18/07/2017).  

Dalam sosialisasi tersebut dihadiri antara lain Ketua Poktan Mugi Rahayu Nuryasin, Kasun Jelak Desa Tunggal Pager Saman dan anggota Poktan Mugi Rahayu. Ibu Sukarlina, SP., MMA. menjelaskan, pestisida nabati adalah pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tanaman atau tumbuh-tumbuhan atau bahan organik lainnya.   Dari tanaman yang dapat dimanfaatkan seperti akar, batang, daun atau buahnya.   

Konsep pertanian seperti ini sangat ramah lingkungan dan tidak akan merusak ekosistem yang ada, bahannya juga relatif murah dan mudah didapat di sekitar kita demikian pula cara pembuatannya hanya dengan peralatan sederhana.   Dengan adanya pestisida nabati akan mengurangi kecenderungan petani dalam menggunakan obat-obatan pertanian berbahan kimia bahkan biaya produksi juga dapat ditekan, tambahnya.

Dicontohkan juga, untuk pembuatan pestisida nabati, misalkan dengan menggunakan daun pepaya sebanyak 10 Kg yang dirajang kemudian hasil rajangan direndam dalam 10 liter air ditambah 2 sendok makan minyak tanah, 30 gram detergen kemudian masukkan gallon/ember ditutup dan diamkan semalaman.  Kemudian saring larutan hasil rendaman dengan menggunakan kain halus dan larutan sudah bisa digunakan untuk disemprotkan pada tanaman, ungkapnya. (Penrem 082/CPYJ)

0 komentar:

Posting Komentar