Hot!

Koramil 0815/07 Dukung Program Kesehatan UPT Puskemas Jetis




Mojokerto.    Danramil 0815/07 Jetis Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Hari Subiyanto turut hadir dan berperanserta dalam kegiatan Mini Lokakarya Lintas Sektoral UPT Puskesmas Kupang dan UPT Puskesmas Jetis Tahun 2017 yang digelar di Pendopo Kecamatan Jetis Jalan PB Sudirman Nomor 78 Desa Kupang, Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto, Kamis (27/07/2017).   

Sedikitnya hadir dalam kegiatan tersebut sekira 76 orang, antara lain Camat Jetis Drs. Moch. Malik, MM., Kapolsek Jetis Kompol Siswoyo, SH., Koordinator PPL Jetis Hariyono, SP., Kepala KUA Jetis Drs. H. Zainul Muktamar, Sekretaris Kecamatan Jetis Drs. Sutomo, Kepala UPT Puskesmas Kupang Muhamad Toha, Kepala UPT Puskesmas Jetis Eka Setyawan SKM, para Kepala Desa se-Kecamatan Jetis, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Kupang serta Kader Kesehatan se-Kecamatan Jetis.

Kegiatan Mini Lokakarya UPT Puskesmas Jetis dan UPT Puskesmas Kupang dibuka oleh Camat Jetis Drs. Moch. Malik, MM dilanjutkan penyampaian program dan kegiatan di wilayah kerja UPT Puskesmas masing-masing secara berturut-turut oleh Kepala UPT Puskesmas Kupang Mohamad Toha dan Kepala UPT Puskesmas Jetis Eka Setyawan, SKM.  Selanjutnya paparan program dan kegiatan dr. Indra Karno tentang kerja sama lintas sektoral untuk mendukung program dan kegiatan di kedua UPT Puskesmas. 

Giliran Sdr. Sugeng menyampaikan evaluasi seputar program kesehatan seperti kesehatan ibu dan anak, Ibu Hamil, Balita, Narkoba, KB dan lain-lain serta bagaimana solusinya untuk mengedukasi para Lansia atau warga yang enggan berobat.  Masing-masing instansi diminta saran dan pendapatnya baik Polsek, Koramil, UPT Diknas, KUA, Para Kepala Desa dan Kader Kesehatan.  

Pada kesempatan evaluasi tersebut, Danramil 0815/07 Jetis Kapten Inf Hari Subiyanto menyampaikan, terkait peran TNI AD khususnya Koramil 0815/07 Jetis, diantaranya Program Keluarga Berencana (KB) yang merupakan program tahunan yang sangat membantu masyarakat dan Dinas terkait.

Persoalan KB bukan hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan dan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DP2KBP2) namun diperlukan kerjasama semua instansi agar sasaran program dapat tercapai sesuai target. 

Untuk itu di TNI AD ada program TNI Manunggal KB Kesehatan yang dilaksanakan setiap tahun, diantaranya peningkatan akseptor KB melalui berbagai macam alat kontrasepsi seperti Pil, IUD, Implan dan  MOP.  MOP (Metode Operasi Pria), yaitu operasi ringan sangat cepat hanya 5 - 10 menit saja, sasarannya kepada kaum pria yang sudah tidak menghendaki lagi memiliki keturunan. “Program ini yang paling berhasil dan itu tidak lepas dari dukungan para Aparat Satkowil utamanya para Babinsa, jelas Danramil.    

Lanjut Danramil, terkait masih adanya masyarakat yang buang hajat di sungai dan lokasi lain yang bukan pada tempatnya, Danramil 0815/07 Jetis Kapten Inf Hari Subiyanto menjelaskan, dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, Pihak TNI sudah mengawali dengan Program Sejuta Jamban yang pelaksanaannya dilakukan di seluruh Komando Kewilayahan termasuk di wilayah Koramil 0815/07 Jetis.   Walaupun secara kualitas maupun kuantitas belum memadai namun program jambanisasi tersebut cukup membantu dan memotivasi masyarakat untuk hidup lebih sehat, terangnya.

Demikian pula dengan bakti sosial bibir sumbing dan operasi katarak, Koramil pun turut berperanserta dalam mencari, mendata dan mengantar warga/pasien sampai dengan antar kontrol ke Rumah Sakit yang telah ditunjuk, pungkas Danramil. (Penrem 082/CPYJ)

0 komentar:

Posting Komentar