Hot!

Peran Babinsa Kemlagi, Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Pelajar



Mojokerto.      Dalam rangka membentuk karakter kedisiplinan bagi siswa-siswi peserta didik baru di wilayah binaan, sejumlah personel Koramil 0815/06 Kemlagi Kodim 0815 Mojokerto turut berperanserta dalam pembinaan PBB. Seperti pelaksanaan pembinaan PPB bagi 280 Siswa-Siswi Kelas X SMKN I Kemlagi yang berlangung di Lapangan Desa Mojogebang Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto, Kamis (27/07/2017). 

Dalam materi PBB, Pelda Yarno, menjelaskan seputar gerakan dasar, gerakan perubahan arah, gerakan berjalan dan penghormatan, bahkan langsung diperagakan oleh Tim Peraga yakni Serka Jamik dan Serda Endro Sutoyo.  Usai mendapat instruksi dari Yim Pelatih, para siswa-siswi dengan penuh semangat langsung mempraktekan PBB, dan pelatih-pun tak bosan menghampiri satu persatu siswa/siswi untuk mengoreksi sekaligus membenahi gerakan/sikap yang kurang sempurna.  

Sejatinya kegiatan pelatihan PBB yang dilakukan Koramil 0815/06 Kemlagi di SMKN Kemlagi mulai dilakukan sejak tanggal 24 Juli 2017 sampai dengan 29 Juli 2017.  Peserta pelatihan PBB-pun tidak hanya Kelas X namun mencakup keseluruhan mulai Kelas X – XII.
Di sela-sela pemberian materi PBB, para pelatih juga memberikan materi wawasan kebangsaan bagi para siswa-siswi.

Selain di SMKN Kemlagi, kegiatan pemberian materi PBB ini dilakukan di SMPN 1 Kemlagi yang diikuti 765 siswa-siswi, SMK Muhammadiyah 1 yang diikuti 191 siswa-siswi dan SMK Sultan Agung yang diikuti 130 siswa-siswi.  Khusus untuk SMKN Kemlagi kegiatan pembinaan PBB berlangsung selama 6 hari mulai tanggal 24 – 29 Juli 2017, mengingat jumlah siswanya yang mencapai 1.118 terdiri dari 486 siswa dan 632 siswi. 

Dalam kesempatan lain, Danramil 0815/06 Kemlagi Kapten Inf Eko Wahyudi mengatakan, tidak kurang dari 12 personelnya dikerahkan untuk melatih PBB di 4 sekolah yang ada di wilayah binaan dalam rangka membentuk karakter kesisiplinan bagi para siswa/siswi.  “Melalui pelatihan PBB dan wawasan kebangsaan, diharapkan para siswa – siswi selaku generasi muda akan mengetahui, memahami dan memiliki semangat bela negara yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Danramil.

Selama kegiatan pembinaan PBB di SMKN Kemlagi, didampingi Guru Pendamping sejumlah 4 orang dan 10 orang anggota OSIS bahkan dari 2 orang anggota Polsek Kemlagi juga turut serta memberikan materi PBB secara bergantian. (Penrem 082/CPYJ)

0 komentar:

Posting Komentar