Hot!

Koramil 0815/10 Bangsal Lakukan Pendampingan Panen Raya




Mojokerto.      Danramil 0815/10 Bangsal Kodim 0815 Mojokerto yang diwakili Bati Tuud Pelda Heri Purwanto melaksanakan panen raya bersama Staf Badan Penelitian Teknologi Pertanian (BPTP) Jatim Ir. Rika Rahmawati dan Camat Bangsal Drs. Moch. Riduwan, di area Gapoktan Sari Murni Dusun Pekuwon RT 07 RW 04 Desa Pekuwon Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto, Rabu (08/08/2017).     

Di area seluas kurang lebih 7 Ha tersebut, panen raya dilakukan dengan menggunakan mesin Alsintan Combine Harvester dan dihadiri sekitar 150 orang, antara lain Staf Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Ir. Pauna, Koordinator PPL Kecamatan Bangsal Indah, SP., Kepala Desa Pekuwon Drs. Imam Syafi’i, tokoh masyarakat, Mahasiswa Unesa Peserta KKN, anggota Gapoktan Sari Murni dan undangan.

Pihak Forpimka Bangsal yang diwakili Camat Bangsal Drs. Moch Riduwan, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Staf BPTP Jatim dan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto dalam kegiatan panen raya.  Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada TNI dan PPL yang senantiasa melakukan pendampingan terhadap kelompok tani.  Camat juga berharap, Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto dapat membantu alat mesin pertanian dan benih bagi kelompok tani dalam rangka peningkatan produksi pertanian.

Sementara itu, Kades Pekuwon Drs. Imam Syafi’i, mengatakan bahwa Desa Pekuwon yang melaksanakan panen raya hari ini seluas 7 hektar, kegiatan panen raya ini dapat terlaksana atas bimbingan dan pendampingan yang dilakukan pihak TNI dan PPL Kecamatan Bangsal.

Berikutnya dari Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Ir. Pauna, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Desa Pekuwon yang telah mengundang Dinas Pertanian dalam pelaksanaan panen raya ini. Disampaikan pula bahwa alat mesin pertanian (Alsintan) yang sudah siap diantaranya mesin tanam Jarwo / transplanterrice, pihak Poktan atau Gapoktan melalui Desa dapat mengajukan pinjaman Alsintan. Pemerintah akan terus memberikan bantuan kepada petani diantaranya benih dan pupuk subsidi termasuk menambah luas tanam padi sehingga para petani dapat meningkatkan proksi pertanian khususnya padi. “Jadilah petani professional dan modern”, ucapnya.

Ir. Rika Rahmawati dari BPTP Jatim mengatakan, wilayah Mojokerto sudah swasembada pangan karena alat pertanian sudah diturunkan kepada para kelompok tani di setiap Desa di wilayah Jatim. Lanjutnya, mengingat minimnya operator alat mesin pertanian (Alsintan), maka Dinas Pertanian menyiapkan operator yang siap mengajari para petani sehingga para petani bisa menggunakan Alsintan tersebut. “BPTP sudah mensosialisasikan benih varietas Inpari-3, bagi petani yang membutuhkan benih tersebut silahkan koordinasi dengan BPTP Jatim UPT Mojokerto”, pungkasnya.

Usai sambutan dilanjutkan pelaksanaan panen raya dengan menggunakan mesin potong (Combine Harvester) Yanmar. 

0 komentar:

Posting Komentar