Hot!

Koramil 0815/13 Kutorejo Dukung Dan Sukseskan Sosialisasi Kartu Tani




Mojokerto.    Bati Bhakti TNI Koramil 0815/13 Kutorejo Kodim 0815 Mojokerto Serka Subini mengikuti kegiatan Sosialisasi Kartu Tani bertempat di Ruang Pertemuan Kantor BPP Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto, Rabu (02/08/2017).
                             
Kegiatan sosialisasi kartu tani yang diselenggarakan oleh Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto bersama Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) melalui BNI ’46 Kanca Mojokerto dihadiri sedikitnya 105 orang, antara lain Koordinator PPL dari BPP Kutorejo, Yahyo, SP., Pihak BNI Kanca Mojokerto Aan Sulistiono Ujiwandi, Staf BPP Kutorejo Ana Ro’isah, SP., PPL se-Kecamatan Kutorejo, 12 Pemilik Kios Pupuk dan 93 Poktan se-Kecamatan Kutorejo.

Dalam kata pembukanya, Koordinator PPL dari BPP Kutorejo Yahyo, SP., menyampaikan bahwa kartu tani merupakan program pemerintah yang harus dimiliki para petani dengan kriteria dan persyaratan tertentu.  Kita harus mendukung program kartu ini yang bertujuan untuk membantu petani, tentunya dengan pemilikan kartu ini akan mempermudah petani dalam menerima bantuan.

Sementara itu, dari pihak BNI Kanca Mojokerto Aan Sulistiono Ujiwandi menjelaskan bahwa Bank BNI ’46 sebagai bagian dari Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) ditunjuk untuk pengadaan kartu tani di wilayah Jatim, untuk kartu tani sendiri isinya terkait kebijakan pemerintah dalam bidang pertanian dan itu bukan ranah BNI. Dijelaskan pula, masalah pupuk menjadi wewenang PT. Pupuk Indonesia bukan BNI.

Dijelaskan pula tentang tata cara pembuatan kartu tani melalui pembukaan rekening gratis tanpa setoran awal namun dapat di-ATM-kan tanpa biaya administrasi bulanan dan masa berlakunya hingga 5 tahun yang manfaatnya untuk simpanan, transaksi dan penyaluran pinjaman lunak untuk petani bahkan dapat digunakan untuk membayar tagihan dan untuk pengambilan subsidi pupuk bersubsidi komoditas padi melalui kios pupuk resmi,  jelasnya.

Secara terpisah, Danramil 0815/13 Kutorejo Kapten Inf Desto Jumeno mengajak para petani dan pemilik kios pupuk untuk mendukung dan mensukseskan program pemerintah termasuk kartu tani yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan petani.  Ini bentuk perhatian pemerintah untuk para petani, dan selama ini pemerintah sudah banyak memberikan bantuan untuk para petani seperti alat mesin pertanian, bantuan benih dan pupuk bersubsidi demi pencapaian swasembada pangan yang akan berdampak positif bagi kesejahteraan petani, ucapnya singkat. (Penrem 082/CPYJ ).

0 komentar:

Posting Komentar