Hot!

Koramil 0815/18 Gondang Tanam Padi Serentak, Dikunjungi Staf Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI





Mojokerto.      Dalam rangka percepatan tanam di wilayah binaan, Koramil 0815/18 Gondang Kodim 0815 Mojokerto dipimpin langsung Danramil Kapten Inf Sumiarso melaksanakan pendampingan tanam padi serentak di Dusun Centong Desa Centong Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto, Jumat (11/08/2017).

Kegiatan tanam padi serentak di lahan sawah seluas 1,5 Ha milik Sumaji anggota Poktan Sumber Makmur tersebut, mendapat kunjungan dari Staf Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan (Perlintan) dan Staf Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan (PPHTP) Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Ir. Rosdiana dan Aris Puji S, S.STP.

Tanam padi serentak varietas Ciherang dilahan milik Sumaji tersebut, dilakukan secara manual oleh anggota Poktan Sumber Makmur.  Bahkan dilokasi yang sama juga dilakukan   pembajakan untuk menyiapkan percepatan tanam menggunakan 1 unit hand tractor.

Tidak berbeda dengan di dua lokasi sebelumnya yakni Gedeg dan Kutorejo,  di lokasi tanam serentak ini-pun, Staf Direktorat Perlintan Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI Ir. Rosdiana, mengatakan bahwa untuk menghindari import beras diperlukan peningkatan luas tambah tanam (LTT) secara serentak. 

Ditambahkan Rosdiana, dalam upaya meningkatkan produksi pertanian Pemerintah melalui Kementan RI sudah memberikan bantuan bagi para petani berupa alat mesin pertanian (Alsintan), benih dan pupuk bersubsidi.  Selain itu, upaya pendampingan juga terus dimaksimalkan oleh TNI dan PPL di seluruh wilayah.

Disampaikan pula, untuk petani yang tanaman padi terkena hama segera ditangani, Poktan harus koordinasi dengan PPL, Babinsa dan Kades, untuk menindaklanjutinya ke Dinas Pertanian dan instansi yang membidangi.

Danramil 0815/18 Gondang Kapten Inf Sumiarso mengatakan, kegiatan tanam padi serentak di lahan yang dikelola Poktan Sumber Makmur Desa Centong merupakan salah satu upaya untuk percepatan tanam dalam rangka meningkatkan produksi pertanian sesuai program ketahanan pangan yang sudah dicanangkan Pemerintah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, kurang lebih 40 orang antara lain Pasi Ter Kodim 0815 Mojokerto Kapten Arh Supriyono, Koordinator PPL Distan Kabupaten Mojokerto Masuhadak, SP, M.MA dan Kasi Tanaman Pangan dan Hortikultura Distan Kabupaten Mojokerto Wastutik, SP., beserta rombongan serta Staf Dispari Kabupaten Mojokerto.

Tampak pula Koordinator PPL Kecamatan Gondang Muslikah, SP., beserta anggota PPL, Kades Centong, Babinsa Centong Pelda Asikin beserta 4 orang Babinsa lainnya, Bhabinkamtibmas, Perangkat Desa Centong dan Ketua Poktan Sumber Makmur Agus beserta anggota. (Penrem 082/CPYJ).

0 komentar:

Posting Komentar