Hot!

Kodim 0815 Mojokerto Lakukan Screening Pasien Katarak


MOJOKERTO.   Kodim 0815 Mojokerto melaksanakan pemeriksaan awal (screening) katarak bertempat di Ruang Data Makodim 0815 Jalan Majapahit Nomor 1 Kota Mojokerto, Selasa (21/11/2017).   Kegiatan ini dilakukan untuk menindaklanjuti rencana kegiatan bhakti sosial operasi katarak yang diselenggarakan TNI AD bekerjasama dengan Kemenkes RI.

Kegiatan pemeriksaan awal ini terhadap pasien katarak di wilayah Kodim 0815 Mojokerto dilakukan oleh Tim Medis dari Denkesyah 05.04.02 Mojokerto dipimpin Kapten Ckm Suhadjar Yudho dengan menggandeng Tim Medis dari RST DKT Dr. Hadiono Singgih Mojokerto dan UPT Puskesmas Kota Mojokerto.

Pasiter Kodim 0815 Mojokerto Kapten Arh Supriyono mewakili Dandim 0815 menyampaikan, kegiatan pemeriksaan awal (screening) ini dilakukan bagi 100 orang pasien katarak yang ada di wilayah Kodim 0815 Mojokerto.   

Screening ini bertujuan untuk menentukan tingkat kelayakan penyakit katarak yang diderita pasien untuk dilakukan operasi, hal ini juga dilaksanakan dalam rangka percepatan eliminasi kebutaan akibat katarak, tegasnya.  

Untuk pasien katarak dari wilayah Mojokerto akan melaksanakan operasi katarak di RST DKT Kediri tanggal 29 Nopember 2017, dari jumlah 100 orang tersebut, rencana yang akan kita kirim sebanyak 50 orang, pungkasnya.

Tampak para pasien antri untuk melakukan screening yang ditangani Tim Medis dari RST DKT Dr. Hadiono Singgih Mojokerto dan UPT Puskesmas Kota Mojokerto dengan metode “LIHAT”, yang singkatan dari, Lakukan pemeriksaan mata, identifikasi gangguan tajam penglihatan, Hitung Jari dari jarak 6 meter, Antarkan ke Faskes (rujuk) bila tidak bisa hitung Jari dari jarak 6 meter dan Terapi (operasi) bila didiagnosa katarak.   Sebelum pemeriksaan atau deteksi katarak, Tim Medis juga melakukan tensi dan wawancara seputar riwayat sakit yang pernah dialami pasien katarak.

Hadir dalam kegiatan, Anggota Staf Ter Kodim 0815 dan peserta screening katarak dari wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto. (Pen/Dim)

0 komentar:

Posting Komentar