Hot!

Tanamkan Nilai-Nilai Kebangsaan dan Bela Negara, Danramil 0815/04 Puri Perdengarkan Lagu Perjuangan Dalam Wasbang




MOJOKERTO.    Pemahaman wawasan kebangsaan sangat penting bagi warga masyarakat terlebih generasi muda khususnya para pelajar/siswa di semua tingkatan sekolah, mulai SD/MI hingga SMA/SMK/MA.  

Melalui penyuluhan Wasbang yang dilakukan secara dini, diharapkan para pelajar dapat mengetahui, mengerti dan memahami betapa pentingnya semangat persatuan - kebangsaan untuk menjamin keberadaan dan peningkatan kualitas kehidupan bangsa, ucap Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf MR Harjono, S.Sos., saat mengawali Wasbang di SMP PGRI 1 Puri, Desa Tambak Agung Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, Jum'at (24/11/2017).


Pada saat memberikan materi Wawasan Kebangsaan dihadapan 253 orang siswa/siswi Kelas 7 dan 8 SMP PGRI 1 Puri, Danramil 0815/04 Puri menjelasakan tentang nilai-nilai wawasan kebangsaan yang terwujud dalam persatuan dan kesatuan bangsa, yaitu penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa; Tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka dan bersatu; Cinta akan tanah air dan bangsa; Demokrasi atau kedaulatan rakyat; Kesetiakawanan sosial; Masyarakat adil makmur.

Dijelaskan pula oleh Danramil, terkait nilai-nilai bela negara, seperti Cinta tanah air; Sadar berbangsa dan bernegara; Yakin pada Pancasila sebagai Ideologi Negara; Rela berkorban untuk bangsa dan negara.  Kita patut bersyukur, walaupun dengan kemajemukan suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa dan lain-lain, bangsa ini tetap bersatu sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun satu jua, terang Danramil. 

Di era globalisasi, dengan kecanggihan IT di mana setiap orang dapat dengan mudah mengakses informasi dari internet, selain banyak dampak positifnya namun tidak sedikit pula ekses negatifnya, seperti masuknya pengaruh budaya asing apabila kita tidak pandai-pandai memilih, memilah dan memfilter maka adat tradisi dan budaya bangsa kita akan bergeser bahkan hilang, padahal adat budaya itu merupakan jati diri suatu bangsa.  

Akibat pengaruh budaya asing tersebut, maka dalam jangka panjang akan melemahkan semangat nasionalisme, untuk itu kita perlu menghidupkan kembali budaya-budaya positif peninggalan leluhur, salah satunya budaya "gotong royong", agar bangsa ini tidak kehilangan jati dirinya, tegas Danramil.

Selain menerima materi teori, para siswa juga diputarkan dan diperdengarkan lagu-lagu perjuangan kemudian diakhiri dengan pengenalan permainan (game) Wasbang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Sekolah SMP PGRI 1 Puri Drs. Supadji beserta para Guru, Para Bati Koramil 0815/04 Puri dan Babinsa. (Pendim 0815/Mjk)

0 komentar:

Posting Komentar