Hot!

Pangdam V/Brawijaya Resmikan Renovasi Pendopo Agung Trowulan Di Acara Sarasehan HUT Kodam V/Brawijaya Ke-69 dan Hari Juang Kartika Ke-72 Tahun 2017



MOJOKERTO.       Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, meresmikan renovasi Pendopo Agung Trowulan, pada acara Sarasehan HUT Kodam V/Brawijaya Ke-69 dan Hari Juang Kartika Ke-72 Tahun 2017, yang berlangsung di Pendopo Agung Trowulan Kabupaten Mojokerto, Minggu (17/12/2017) malam.

Kehadiran Pangdam V/Brawijaya disambut oleh Danrem 082/CPYJ Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo, S.I.P, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 082 dan Para Dandim Jajaran Korem 082/CPYJ, dengan diiringi Tari Mayang Rontek. Usai mengalungkan untaian bunga melati di Patung Raden Wijaya, Pangdam V/Brawijaya menuju mimbar utama.

Setelah penandatanganan Prasasti, Pangdam V/Brawijaya menyampaikan, "Melalui sarasehan ini mari kita semua dapat lebih menghayati makna dibalik penggunaan nama Brawijaya sebagai simbol Kodam V/Brawijaya, kepemimpinan Prabu Brawijaya tersebut patut kita teladani" tambahnya.

Sarasehan ini dalam rangka refleksi seluruh Prajurit Kodam V/Brawijaya karena cikal bakal Brawijaya ada di sini, sehingga hadir pula sesepuh, mantan Pangdam V/Brawijaya, para Danrem dan seluruh prajurit Kodam V/Brawijaya untuk selalu meningkatkan kinerjanya dan kualitas pengabdiannya  sesuai dengan sesanti Kodam V/Brawijaya “Bhirawa Anoraga, Gagah Perkasa Namun Rendah Hati”,

Agar para Prajurit meneladani sikap-sikap Brawijaya yang rendah hati, ksatria, ini harus diimplementasikan oleh seluruh prajurit, dan ini sebenarnya sudah dilaksanakan, banyak kegiatan-kegiatan prajurit dalam rangka HUT Kodam V/Brawijaya ini membantu masyarakat, diantaranya membantu penanganan bencana alam di Pacitan, bakti sosial donor darah dan katarak, membantu pemasangan jaringan listrik di daerah terpencil, kegiatan-kegiatan itu salah satu implementasi dari sikap-sikap Brawijaya. “Malam ini tepat HUT Ke-69 Kodam V/Brawijaya sebagai momentum bagi seluruh Prajurit Kodam V/Brawijaya untuk memberikan pengabdian yang terbaik bagi Bangsa dan Negara.   

Terkait dengan kelanjutan renovasi dan pemanfaatan Pendopo Agung Trowulan, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, mengatakan dirinya sangat berterima kasih kepada Gubernur Jatim yang telah memberikan anggaran untuk renovasi Pendopo Agung ini, ke depan ini akan dikelola Korem 082/CPYJ, yang akan merawat dan mengembangkan Pendopo ini untuk kegiatan wisata edukasi, masyarakat bisa mengetahui tentang sejarah Pendopo ini, bagaimana sejarah Majapahit dan kebesarannya. 

Untuk mempopulerkan keberadaan Pendopo Agung Trowulan, Kodam V/Brawijaya telah melaksanakan beberapa kegiatan yang dipusatkan di Pendopo Agung seperti Fun Bike, Run 10 K dalam rangka HJK dan rencananya pada tanggal 14 Januari 2018 akan menggelar Road Bike dari 8 Kota yang finishnya terpusat di Pendopo Agung Trowulan.  “Pendopo ini terbuka untuk umum ke depan bisa untuk pameran Alutsista atau lomba Drumband, dan lain-lain”, terangnya.  

Sementara Gubenur Jatim yang diwakili Sekda Provinsi Jatim, Ahmad Sukardi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI dan seluruh komponen yang telah bahu membahu membantu korban banjir dan tanah longsor di Kabupaten Pacitan.  Bahwa, lanjutnya, sejarah telah mencatat TNI lahir dari rahim rakyat, bersama rakyat TNI diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain, dengan semangat juang yang pantang menyerah maka kedaulatan bangsa dan negara akan selalu aman. Pada Peringatan HUT Ke-69 Kodam V/Brawijaya kita berpesan, agar TNI senantiasa meningkatkan profesionalismenya dan mempersiapkan diri dengan baik untuk mengemban tugas-tugas yang akan datang, ucapnya.

Pada sarasehan tersebut, diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Pangdam V/Brawijaya dan diserahkan kepada Mantan Pangdam V/Brawijaya yakni Mayjen TNI Purn Murjito dan Mayjen TNI Purn Sumardi.  Berikutnya ramah tamah dengan diiringi Tarian Mayang Rontek.

Sebelum acara berakhir, Pangdam V/Brawijaya menyerahkan secara simbolis bingkisan bagi 100 orang anak yatim dan 50 orang masyarakat sekitar.  Acara diakhiri dengan penyerahan gunungan oleh Pangdam V/Brawijaya kepada Ki Dalang Tubagus Wisnu yang akan mengisi hiburan pagelaran wayang kulit dengan lakon Hanoman Duta.


Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Widodo Iryansyah S.Sos., MM., Para Danrem Jajaran Kodam V/Brawijaya beserta Isteri, Irdam V/Brawijaya, para Asisten Kasdam V/Brawijaya,  Ka Balak dan Dan/Ka Bapras Jajaran Kodam V/Brawijaya, Forkopimda Kabupaten dan Kota Mojokerto, Para Dandim jajaran Kodam V/Brawijaya, Forpimka se-Kabupaten Mojokerto, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan segenap undangan. (Pendim-0815)

0 komentar:

Posting Komentar