Hot!

Babinsa Pos Ramil 20 Mojoanyar Bantu BPBD Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Banjir


Mojokerto.- Untuk meringankan beban korban banjir yang melanda di beberapa desa di wilayah Kecamatan Mojoanyar,  BPBD Kabupaten Mojokerto dibantu Babinsa Serda M. Ansor, Serda Amirul dan Serda Rokhim, Bhabinkamtibmas, Kades dan perangkat desa, pada Jum'at (16/02) sore menyalurkan bantuan secara simbolis bagi warga di tiga desa yang terdampak banjir kiriman. 

Sejumlah 319 KK yang terdampak banjir kiriman dengan rincian 207 KK di Dusun Grogolgede Desa Gebangmalang, 98 KK di Dusun Wonoayu Desa Kepuhanyar dan 14 KK di Dusun Rangkah Desa Sumberjati. Namun bantuan dari BPBD tersebut diperuntukan bagi warga yang rumahnya terendam antara 15 - hingga 20 Cm. Seperti di Dusun Rangkah Desa Sumberjati, dari 14 KK yang terdampak banjir kiriman, yang mendapat bantuan dari BPBD hanya 4 KK, dan kriteria ini berlaku bagi warga di kedua desa lainnya.

Bantuan dari BPBD Kabupaten Mojokerto tersebut berupa family kit yang berisi antara lain sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, shampo, handuk kecil, handuk dewasa, pembalut, paket P3K, jas hujan dewasa, jerigen lipat dan senter emrgency lipat. 

Pantauan di lapangan, pada Kamis (15/02) sekira pukul 20.30 WIB empat desa di wilayah Kecamatan Mojoanyar terjadi banjir kiriman akibat intensitas hujan yang tinggi sehingga debit air Sungai Sadar Sungai Jabon dan Sungai Gayaman meluap dan menggenangi jalan desa dan lahan pertanian seluas 32 Ha setinggi 20 - 30 Cm di Dusun Ngumpak Desa Jabon, Dusun Tambakrejo dan Dusun Gayaman Desa Gayaman.

Banjir kiriman tersebut sempat merendam pemukiman warga sebanyak 207 KK setinggi 5 - 10 Cm di Dusun Grogolgede dan Dusun Plosogede Desa Gebangmalang, 98 KK di Dusun Wonoayu Desa Kepuhanyar setinggi 10 - 20 Cm namun air tidak memasuki rumah, dan 14 KK di Dusun Rangkah Desa Sumberjati dengan ketinggian air 5 - 10 Cm.

Namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan aktivitas penduduk lancar serta jalan desa dapat dilalui kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Sejumlah aparat terkait dari Pos Koramil, Polsek, BPD, PMI, Tagana dan Relawan lainnya langsung terjun ke lokasi.

Pada kesempatan berbeda, Pelaksana Tugas Danpos Ramil 20 Mojoanyar, Letda Inf Akhmad Rifa'i, mengatakan, bantuan secara simbolis yang disalurkan pihak BPBD ini, untuk mengurangi beban warga yang terdampak banjir, jangan dipandang dari nilai namun ini bentuk atensi dan kepedulian pihak Pemerintah.


Masih tutur Danpos, pihaknya akan terus membantu Pemerintah Desa, Kecamatan maupun Pemerintah Daerah melalui BPBD Kabupaten Mojokerto untuk menyalurkan bantuan tersebut bagi warga yang terdampak banjir kiriman. (Pendim-0815)

0 komentar:

Posting Komentar