Hot!

Jelang Panen Padi, Babinsa Bersama PPL Mojoanyar Lakukan Pengubinan Di Lahan Poktan Mardi Tani



Mojokerto.- Pengubinan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan memperkirakan jumlah produksi padi pada suatu hamparan lahan yang dihitung dalam satuan hektar.  Pengubinan ini biasa dilakukan pada tanaman padi dan jagung.  Tanaman padi atau jagung yang telah dilakukan pengubinan akan diketahui jumlah produksinya untuk setiap satuan hamparan lahan (ha).

Seperti halnya, yang dilakukan Poktan Mardi Tani, Dusun Mojogeneng, Desa Sadartengah, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, yang melakukan pengubinan di lahan sawah milik Yadi seluas 0,3 hektar yang ditanami padi Varietas Inpari 33. 

Pengubinan di lahan Poktan Mardi Tani, dilakukan  bersama Babinsa Pos Ramil Mojoanyar Kodim 0815 Mojokerto, Serda Sumiran, Kopka Raino dan Koptu Winardi serta PPL dari BPP Kecamatan Mojoanyar, Shinta Nirmalasari, S.Pt,  Agus Setijo R, SP dan Sodi, SP, Jum’at (09/03/2018)

Pada pengubinan di lahan milik Yadi yang ditanami padi dengan sistem tanam Jarwo Super didapat, luas ubinan 3 m x 4 m, jumlah bulir 90, 133, 138, jumlah rumpun 288, jumlah anakan 13, 18, 21, berat ubinan 9,65 Kg dan panjang malai 27, 24, 29. “Dengan demikian dapat diperkirakan hasil panen dalam satu hektar diperkirakan menembus 8,042 ton”, terang PPL dari BPP Kecamatan Mojoanyar, Shinta Nirmalasari, S.Pt.

Secara terpisah, Danpos Ramil Mojoanyar, Letda Inf Akhmad Rifa’i, mengungkapkan, hasil pengubinan di lahan padi dengan sistem tanam Jarwo Super lebih unggul dan diperkirakan tembus 8,042 ton. Teknik penanaman padi ini dapat menghasilkan produksi yang cukup tinggi serta memberikan kemudahan dalam pemberian pupuk dan pengendalian organisme pengganggu tanaman, terangnya.

Danpos juga menghimbau para petani untuk tidak sungkan-sungkan berkonsultasi kepada PPL sehingga terjalin kerja sama yang baik, demikian pula bila ada kendala atau hambatan dalam bidang pertanian, segera dikonsultasikan sehingga dengan segera dapat dicarikan solusi untuk mengatasinya. (Pendim-0815)

0 komentar:

Posting Komentar