Hot!

Poktan Tani Sumber Bangsal Bakal Panen Padi 7,84 Ton/Ha



Mojokerto - Aktivitas pendampingan kepada para petani masih terus dilakukan oleh Koramil 0815/10 Bangsal Kodim 0815/Mojokerto. Seperti halnya, Babinsa Sumbertebu Serda Tri Sunardi yang melakukan pendampingan pengubinan padi di Poktan Tani Sumber, Dusun Gampang, Desa Sumbertebu, Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (13/03/18).

Pengubinan padi kali ini dilakukan bersama Koordinator PPL Kecamatan Bangsal, Indiyah, SP, anggota PPL, Moh. Yasid, SP dan Noval Hakim, SP, di lahan milik Kodirin, dengan luas lahan sawah satu hektar, jenis padi Varietas IR 64.  Dari luas ubinan 2,5 meter x 2,5 meter, didapat hasil, panjang malai  22 cm, jumlah bulir 96, jumlah anakan 16 sampai 30, jumlah rumpun 240, berat ubinan  5,7 Kg. Dengan demikian dapat dipastikan produktivitas padi mencapai 7,84 ton / hektar, sedangkan saat ini harga gabah kering panen (GKP) Rp 4.700,- / Kg dan harga gabah kering giling (GKG) Rp 5.800,- / Kg.

Saat ditemui dilokasi, Koordinator PPL Kecamatan Bangsal, Indiyah, SP mengatakan, pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan oleh petugas pertanian maupun statistik untuk menghitung secara cepat dan sederhana perkiraan hasil panen produk pertanian. Teknik ini umum digunakan untuk memperkirakan potensi hasil gabah dalam luasan lahan satu hektar.

Fungsi kegiatan pengubinan adalah agar para petani bisa mengetahui perkiraan potensi hasil dari tanaman padi mereka selain itu juga bermanfaat agar petani tidak diperdaya oleh sistem jual beli ijon yang hanya memperkirakan harga dengan luasan lahan saja atau dengan perhitungan secara serampangan, terang Koordinator PPL yang didampingi Babinsa Sumbertebu Serda Tri Sunardi.

Babinsa Sumbertebu Serda Tri Sunardi, menambahkan, hasil kegiatan pengubinan padi kali ini cukup menggembirakan, hal ini membuat senang para petani yang tergabung dalam Poktan. Ini hasil kerja keras petani, yang dalam pelaksanaannya didampingi PPL dan Babinsa guna mengawal program swasembada pangan di wilayah kecamatan Bangsal, ujar Babinsa yang didampingi Ka Poktan Tani Sumber, Sodikin. (Pendim-0815)

0 komentar:

Posting Komentar