Hot!

Sinergitas TNI-Polri Dalam Pembekalan Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda Melalui Simokos



Mojokerto. –  Sinergitas dan soliditas TNI dan Polri harus senantiasa terjaga dalam rangka  mengawal dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Sinergitas dan soliditas ini harus terbangun dan terpelihara pada semua level yang terstruktur sampai tingkat desa sehingga terwujud masyarakat yang aman dan sejahtera.

Sinergitas TNI dan Polri tidak hanya pada bidang keamanan, namun juga pada bidang-bidang yang lain dalam mengawal program pemerintah khususnya dalam bidang ketahanan pangan seperti pendistribusian bantuan pupuk dan benih, membantu masyarakat korban bencana alam , penguatan wawasan kebangsaan dan lain-lain.

Seperti yang dilakukan jajaran TNI – Polri di Mojokerto, yakni Koramil 0815/10 Kodim 0815/Mojokerto dan Polsek Bangsal Polres Mojokerto, yang bersinergi dalam penguatan wawasan kebangsaan bagi generasi muda, khususnya siswa-siswi SMPN 1 Bangsal, Dusun Kauman Desa Bangsal, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, Rabu (28/03/2018).

Tampak Danramil 0815/10 Kapten Arh Anang Supriyanto dan Kapolsek Bangsal AKP Suparmin, SH turun langsung dalam pembekalan materi wawasan kebangsaan bagi para siswa di SMPN 1 Bangsal.  Tak ketinggalan pula Pelaksana Tugas Danposramil Mojoanyar Letda Inf Akhmad Rifa’i, Bati Tuud Pelda M. Ilyas Mustofa, beserta anggota Koramil dan Polsek Bangsal.
    
Danramil 0815/10 Kapten Arh Anang Supriyanto, saat mengambil apel dihadapan 500 siswa-siswi SMPN 1 Bangsal, menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang hangat dan penuh antusias dari pihak sekolah atas kehadiran Simokos beserta Tim dari Koramil dan Polsek Bangsal.

Danramil berharap, dengan kehadiran Tim Simokos ini dapat membantu mengingat kembali sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, menambah wawasan imu pengetahuan serta mampu menumbuhkan minat baca bagi para siswa.  "Tidak ada siswa/siswi  pandai tanpa rajin belajar dan membaca", tegasnya.

Senada dengan Danramil, Kapolsek Bangsal, AKP Suparmin, SH, juga menambahkan,  "Polri dan TNI bersinergi melalui Program Simokos untuk menggugah kembali semangat membaca dan belajar.

"Mudah-mudahan dengan adanya Simokos, yang membawa beragam buku bacaan termasuk sejarah perjuangan bangsa,  dapat menggugah semangat cinta tanah air bagi para siswa", ungkapnya.

Berikutnya, giliran Bati Tuud Pelda M. Ilyas Mustofa menjelaskan tentang Si-Mokos yang merupakan singkatan dari Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial. Didalamnya terdapat sarana belajar berupa buku bacaan yang beragam seperti pengetahuan umum, pengetahuan tentang TNI, pengetahuan tentang pertanian, wawasan kebangsaan, serta dilengkapi Televisi LED untuk memutar slide dan film-film dokumenter.

Usai menjelaskan tentang Simokos, Tim Simokos Koramil Bangsal dipimpin Pelda M. Ilyas Mustofa beserta enam orang anggota mengajak para siswa untuk membaca membaca beragam buku bacaan yang ada pada Simokos, dilanjutkan pengenalan dan praktek materi outbond seperti bola tali dan holahop. Tampak kegembiraan tersirat dari senyum para siswa saat melakukan outbond.

Kepala Sekolah SMPN 1 Bangsal, Siti Mawarni, S.Pd, M.Pd, mengungkapkan terima kasih dan rasa bangga atas kedatangan Tim Si-Mokos Koramil 0815/10 Bangsal, ini merupakan suatu kehormatan.

“Kehadiran  Simokos dari Koramil Bangsal, sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan  serta menambah semangat anak didik kami untuk semakin giat belajar dan rajin membaca”, ucapnya.

Abd. Rokhim, S.Pd, M.Pd, mewakili guru SMPN 1 Bangsal,  mengucapkan terima kasih atas kehadiran Simokos dari Koramil Bangsal, dengan adanya kegiatan Si-Mokos ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan, pengetahuan dan ilmu bagi siswa-siswi kami.

Niken Rery Julia, perwakilan siswa-siswi SMPN 1 Bangsal, mengungkapkan rasa senangnya dengan kehadiran Si-Mokos yang telah memberikan wawasan dan pengetahuan dan memotivasi kami untuk rajin membaca serta memompa kami untuk lebih mencintai tanah air.

Selain di SMPN 1 Bangsal, Tim Si-Mokos Koramil 0815/10 Bangsal Kodim 0815/Mojokerto, juga mengenalkan Si-Mokos di SDN Kedung Uneng Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, Kamis (29/03/2018).  

Kehadiran Si-Mokos disambut gembira 150 orang siswa-siswi SDN Kedung Uneng.  Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Sekolah SDN Kedung Uneng, Slamet Hariono, S.Pd, beserta para guru dan  Tim Si-Mokos Koramil Bangsal dipimpin Serka Sudirman beserta lima orang Babinsa. (Pendim-0815)

0 komentar:

Posting Komentar