Hot!

Wujudkan Ketahanan Pangan, Koramil 0815/04 Puri Dampingi Poktan Panen Padi



Mojokerto.  Peran serta TNI dalam mewujudkan ketahanan pangan terus dilakukan, salah satunya dengan melakukan pendampingan pada petani dan kelompok tani. Untuk mewujudkan kondisi tersebut,  Kodim 0815 Mojokerto beserta Koramil Jajaran kian menggiatkan pendampingan ketahanan pangan.   

Seperti Babinsa Koramil 04/Puri yang bersinergi dengan PPL dalam melakukan pendampingan ketahanan pangan di wilayah. Pendampingan kali ini dilakukan dalam panen padi di areal sawah milik H. Khomari, Poktan Sri Rejeki IV, Dusun Balonglombok, Desa Sumolawang, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Senin (19/03/2018).

Tampak Babinsa Serma M. Basori dan Ketua  Poktan Sri Rejeki IV, Rofiq, turun langsung di lokasi panen. Panen padi di areal seluas dua hektar yang ditanami varietas Ciherang ini, mampu menembus 9,6 ton/hektar dan dalam dua hektar mencapai 19,2 ton. Perkiraan produktifitas 9,6 ton / hektar ini didapat dari hasil ubinan pada luasan 2,5 meter x 2,5 meter menghasilkan gabah 6 Kg.

Masih di wilayah Puri,  kegiatan serupa juga berlangsung di areal milik Slamet,  Poktan Tani Rahayu V, Dusun Sumbergayam Desa Kenanten. Pada panen padi tersebut, Babinsa Kenanten Serda Ahmad Subandi bersama Ketua Poktan Tani Rahayu V, Saman, berbaur dengan petani dalam memanen padi. 

Di areal seluas satu hektar tersebut, mampu menghasilkan gabah sebanyak 7,2 ton/hektar, perkiraan ini didapat dari hasil ubinan dalam luasan 2,5 meter x 2,5 meter dengan berat ubinan 4,5 Kg.

Danramil 0815/04 Puri Kodim 0815/Mojokerto, Kapten Inf MR Harjono, saat dikonfirmasi mengungkapkan, pendampingan ini merupakan upaya khusus ketahanan pangan, guna membantu meningkatkan pendapatan petani dan pencapaian swasembada pangan di wilayah. 

“Namun tentunya untuk mencapai hasil yang maksimal, diperlukan komunikasi, konsultasi dan koordinasi dengan PPL termasuk Babinsa yang bertugas mengawal ketahanan pangan”, ungkapnya. (Pendim-0815)

0 komentar:

Posting Komentar