Hot!

Poktan Tani Harapan 2 Kedungsari - Kemlagi Panen Varietas Ciherang



Mojokerto.- Program ketahanan pangan dalam upaya mendukung dan mensukseskan  swasembada pangan hingga saat ini masih berkelanjutan dilaksanakan para Babinsa Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto.  Kegiatan ini dilakukan bersama PPL yang ada di desa binaan masing-masing  selaku kepanjangan dari Koramil dan Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan.

Salah satunya, Babinsa Koramil 0815/06 Kemlagi, Serka Ahmad Jamik yang melaksanakan pendampingan panen padi di lokasi Poktan Tani Harapan 2 Dusun Kemiri Desa Kedungsari Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto, Senin (19/03/18).

Di areal milik Sulaiman dengan luas 0,3 hektare, dengan jenis padi varietas Ciherang, didapat hasil panen berupa gabah mencapai 2,3 ton, sementara harga gabah kering panen (GKP) saat ini mencapai Rp 4.200,-.  Dari hasil panen di luas lahan tersebut, maka diperkirakan dalam satu hektare mampu menembus 7,66 ton, ucap Babinsa Serka Ahmad Jamik.

Secara terpisah, Danramil 0815/06 Kemlagi Kapten Inf Eko Wahyudi, menuturkan, hasil panen padi di area Poktan Tani harapan 2 Dusun Kemiri Desa Kedungsari, tergolong bagus, kondisi ini dipengaruhi beberapa faktor diantaranya, pengolahan lahan, sistem tanam, cara pemupukan dan perawatan, termasuk minimnya hama atau penyakit pengganggu tanaman.

Ini berkat kerja keras petani dan Poktan, yang sejak awal mulai pengolahan lahan hingga menjelang panen selalu berkonsultasi dan mendapat arahan dari PPL, sehingga hasilnya maksimal. Termasuk ada peran Babinsa di sini yang melaksanakan pendampingan guna mengawal upaya khusus ketahanan pangan, ucapnya. (Pendim-0815)

0 komentar:

Posting Komentar