Hot!

Danramil 0815/19 Magersari Mengikuti Pembekalan Penanaman Padi Berteknologi Modern

Mojokerto.    Danramil 0815/19 Magersari Lettu Inf Heru Widodo Cahyono Putro bersama Pendamping Gapoktan se-Kota Mojokerto, mengikuti kegiatan pembekalan penanaman padi berteknologi modern, bertempat di Kebun Percobaan Mojosari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Penelitian Teknologi Pertanian (BPTP) Jatim di Mojokerto, Rabu (08/02/2017)
    Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Mojokerto, peserta pembekalan terlebih dahulu berkumpul di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Mojokerto Jl. Suromulang Kelurahan Surodinawan Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto selanjutnya menuju Kebun Percobaan Mojosari yang dikelola oleh UPT BPTP Jatim dengan menggunakan 1 unit Truk TNI AD Kodim 0815 Mojokerto dan 1 unit mini bus. 
       Di Kebun Percobaan Mojosari, peserta pembekalan diperkenalkan untuk melihat hasil penelitian yang sudah dikerjakan oleh Peneliti dari BPTP Jatim antara lain alat tanam, alat penyiangan, pesemaian sistim tertutup dan tanam dengan metode baru meliputi Sistim Tabela, Jarwo dan Sistim Singgang. 
   Selesai melihat hasil penelitian, kegiatan dilanjutkan dengan pertemuan rutin Gapoktan di Aula Kantor Kebun Percobaan Mojosari.  Dalam pertemuan yang diisi dengan diskusi dan sesion tanya jawab tersebut, dipandu oleh Peneliti BPTP Jatim, Sdr. Rohmad Budiono, SP, M.Si, intinya bahwa para petani di Kota Mojokerto akan diupayakan untuk menaman padi dengan Sistem Jarwo (Jajar Legowo) karena sudah terbukti dapat meningkatkan hasil produksi pertanian tanaman padi sebesar 30%.
      Untuk para Ketua Gapoktan wajib menanam padi menggunakan sistem JARWO.  Petugas PPL Kota Mojokerto akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan hasil produksi petani Kota Mojokerto dan akan merubah system dan pola yang selama ini digunakan menjadi pertanian yang modern. 
    Turut serta dalam kegiatan tersebut, kurang lebih 47 orang, antara lain: Kabid Pertanian Tanaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Mojokerto Sdr. Khoirul Anam. SP, Kabid Peternakan dan Perikanan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Mojokerto Drs. Suprianto, Kordinator Penyuluh Pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Mojokerto Ir. Anggarwati Utami, Para Koordinator PPL Kecamatan se-Kota Mojokerto, Babinsa Ramil 19/Magersari 3 orang dan Babinsa Ramil 01/Pralon 4 orang serta Ketua Gapoktan Kota Mojokerto Sdr. Suhartono beserta anggota. (Penrem 082/CPYJ).

0 komentar:

Posting Komentar