Hot!

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Bantu Amankan Kirab Tumpeng dan Budaya Di Dusun Jatisumber Desa Watesumpak -Trowulan

MOJOKERTO.         Di tengah kemajuan dan modernisasi zaman, sebagian masyarakat di wilayah Kabupaten Mojokerto, masih mempertahankan tradisi Ruwah Dusun / Desa, seperti masyarakat Dusun Jatisumber Desa Watesumpak Kecamatan Trowulan yang merayakan Ruwah Dusun dalam bentuk Kirab Tumpeng dan Budaya secara besar-besaran, pada Sabtu (13/03/2017).

        Tidak kurang dari 1.500 orang hadir dalam acara Ruwah Dusun tersebut, antara lain Camat Trowulan H. TulusWidayat, Spd., MM.,  Para Pemerhati dan Pegiat Budaya, Kades beserta Perangkat Desa, Babinsa Watesumpak Serda Irvan Novianto, Bhabinkamtibmas Aiptu Yuli, Warga Dusun Jatisumber dan Dusun-Dusun lainnya di Desa Watesumpak, bahkan turis mancanegara dari Jerman dan Singapura ikut menyaksikan acara tersebut.

       Acara ini merupakan ungkapan rasa syukur atas rahmat dan nikmat yang telah diberikan Allah Subhanahu WaTa’ala, selain itu tradisi Ruwah Dusun juga dimaksudkan untuk melestarikan budaya leluhur yang saat ini hampir punah.

            Camat Trowulan, H. Tulus Widayat, S.Pd, MM., dalam sambutannya saat melepas Peserta Kirab Tumpeng dan Budaya menyampaikan,Kirab Tumpeng dan Budaya dalam rangka Ruwah Dusun merupakan tradisi tahunan yang harus dilestarikan.   Lanjutnya, kita semua harus menjaga kerukunan antar Umat Beragama dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan demi tetap tegaknya NKRI.


       Selanjutnya pelaksanaan Kirab Tumpeng dan Budaya melalui route Jalan Dusun Jatisumber Selatan menuju Jalan By Pass Surabaya – Jombang, kemudian PPST - lanjut ke arah Jatisumber Utara menuju Punden Jatisumber. Kirab dengan membawa hasil pertanian dan buah-buahan  seperti pisang, apel, jeruk, tomat dan tumpeng nasi kuning yang mengandung makna agar masyarakat dengan adanya ruawatan dusun diberikan keselamatan, kesehatan dan diberikan rejeki yang melimpah oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. (Dim/Pen).    

0 komentar:

Posting Komentar