Hot!

Pabung Kodim 0815 Ikuti Kunker Komisi B DPRD Kabupaten Mojokerto Di Kantor Bulog Sub Divre IV Surabaya Selatan

MOJOKERTO.     Komandan Kodim 0815 Mojokerto yang diwakili Perwira Penghubung (Pabung) Mayor Arm Imam Duhri turut hadir dalam kegiatan kunjungan kerja Komisi B DPRD Kabupaten Mojokerto di Kantor Bulog Sub Divisi Regional  IV Surabaya Selatan  Jl. RA. Basuni Nomor 65 Desa Sooko Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto dalam rangka mengevaluasi target serapan gabah dan membahas harga bahan pokok menjelang Bulan Suci Ramadhan, Jum,at (26/05/2017) pukul 09.00 – 11.00 WIB.


Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Mojokerto, H. Winajat, SH.,menyampaikan bahwa kehadiran Komisi B DPRD Kab. Mojokerto untuk mengadakan evaluasi dan membahas masalah harga kebutuhan pokok menjelang bulan puasa biasanya mengalami kenaikan, maka kami berharap semua pihak berperan aktif untuk mengawasi lima bahan pokok tersebut. Tambahnya, Alhamdulillah, Bulog sudah melaksanakan operasi pasar di beberapa titik yang secara langsung telah membantu beban rakyat Mojokerto.

Sementara itu Waka Bulog Sub Divre IV Surabaya Selatan di Mojokerto, Anita Andrena, menyampaikan, untuk Sub Divre IV Surabaya Selatan di Mojokerto membawahi 3 wilayah yaitu Kab. Mojokerto, Kota Mojokerto dan Kab. Jombang.   Ditambahkan, Bulog saat ini melaksanakan Gerakan Stabilisasi Pangan, Gerakan ini digagas untuk menstabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang masuknya Bulan Suci Ramadhan dan Lebaran 2017.   Terkait serapan gabah, pihak Bulog menerima harga beras sesuai dengan HPP (Harga Pembelian Pemerintah) di mana di bawah harga pasar. Pungkasnya.

Hj. Setia Puji Lestari, SE., dari Komisi B DPRD Kab. Mojokerto menambahakan bahwa. Kunjungan Komisi B DPRD Kab. Mojokerto ke Bulog terkait dengan harga dan kualitas beras di pasar termasuk beras untuk keluarga sejahtera (Rastra).  Selain untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat, kedatangan Tim Komisi B DPRD Kab. Mojokerto ke Bulog ini, juga untuk mengetahui sistem atau mekanisme yang selama ini diterapkan oleh Bulog dan mengevaluasinya sehingga bila ada kendala kedepan dapat dicarikan solusi.
Pabung Kodim 0815 Mojokerto Mayor Arm Imam Duhri, menyampaikan intinya pihaknya mengikuti apa yang akan disepakati nantinya menuju kebaikan bersama sehingga stabilitas keamanan menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran  tetap kondusif.

Ir. Saptaningdiyah Praptini, M.Si., Sekretaris Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Mojokerto menyampaikan rendahnya serapan gabah di wilayah Kabupaten Mojokerto sehingga mendapat teguran dari Dinas Pertanian Provinsi Jatim. Lanjutnya, Dispari, Distan dan Kodim 0815 Mojokerto sudah berupaya secara maksimal agar para petani menjual hasil panennya ke Gapoktan yang ditunjuk selanjutnya dijual ke Bulog, namun oleh Bulog ditolak karena kualitas gabahnya rendah, hal itulah salah satu sebab kenapa serapan gabah di wilayah Kabupaten Mojokerto rendah.


Dalam Rakor Rastra tersebut dapat disimpulkan, antara lain Bulog harus mempertahankan kualitas beras sehingga dapat menepis kesan beras Bulog kurang bagus.  Diharapkan ke depan, pihak Bulog memperbaiki sistem yang selama ini dijalankan sehingga Poktan dapat bekerjasama dengan baik.

Seusai Rakor, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Mojokerto beserta Staf dan rombongan menuju gudang Bulog untuk melaksanakan pengecekan.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut kurang lebih 20 orang antara lain Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Mojokerto, Waka Bulog Sub Divre IV Surabaya Selatan Anita Andrena, Sekretaris Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Mojokerto Ir. Saptaningdyah Praptini, M.Si., Pasi Ter Kodim 0815 Kapten Chb Djenal Abidin dan Kades Sooko Happy, ST. (Penrem 082/CPYJ).

0 komentar:

Posting Komentar