Hot!

Babinsa Koramil 0815/11 Pungging Bersama PPL Dan Poktan Lakukan Pendampingan Penyemprotan Massal Hama Wereng


Mojokerto.    Babinsa Desa Lebaksono Koramil 0815/11 Pungging Kodim 0815 Mojokerto Sertu Yulius Kay bersama PPL Kecamatan Pungging, H. Ro’uf, dan Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) / Petugas Pengamat Hama dan Penyakit (PHP) Distan Kabupaten Mojokerto, Sukar Harimulyo, SP melaksanakan pendampingan penyemprotan hama tanaman padi secara massal bertempat di Area Pertanian yang dikelola Poktan “Maju” Dusun Lebaksono Desa Lebaksono Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto,  Kamis (06/07/2017)
  
Tindakan ini dilakukan terkait dengan ditemukannya indikasi tanaman padi terserang hama wereng batang coklat (WBC), yang menyerang tanaman padi para petani. Kegiatan penyemprotan hama menggunakan insektisida swadaya Poktan dan insektisida jenis Applaud 10WP dan Plenum bantuan Distan Kabupaten Mojokerto sebanyak 10 Kg.

“Penyemprotan massal ini bertujuan untuk mengendalikan hama wereng yang telah menyerang sebagian lahan milik petani”. Ucap Ketua Poktan Maju, Hadi Supeno  yang diamini Sertu Yulius Kay saat di lokasi kegiatan.

Tahap awal dilakukan penyemprotan pada sawah seluas ± 10 Ha dengan menggunakan insektisida jenis Applaud 10WP dan Plenum yang di dukung oleh Distan sebanyak 10 Kg,  tujuannya untuk mengantisipasi secara dini agar hama wereng tidak meluas serangannya dan tanaman padi dapat terselamatkan dari gangguan hama. Ucap Sukar Harimulyo, SP, Petugas PHP dari Distan Kabupaten Mojokerto.

Danramil 0815/11 Pungging Kapten Inf Mujiono mengucapkan terima kasih kepada PPL dan anggota Koramil yang selalu sigap dan tanggap membantu para petani.  Selain itu, terjunnya Babinsa dalam penyemprotan hama merupakan bagian tugas pendampingan ketahanan pangan guna membantu petani dalam mendukung peningkatan hasil panen dan turut serta mensukseskan program Swasembada Pangan Nasional.  Pungkas Danramil. (Penrem 082/CPYJ)

0 komentar:

Posting Komentar