Hot!

Kodim 0815 Bersama Bakesbangpol Kota Mojokerto Bekali Wasbang Siswa-Siswi Baru SLTA Di Kota Mojokerto


Mojokerto.    Kodim 0815 Mojokerto bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Mojokerto terus mengintensifkan kegiatan pembekalan pemahaman wawasan kebangsaan, termasuk kepada para peserta didik baru setingkat SLTA  se-Kota Mojokerto yang berlangsung di Aula SMA PGRI 1 Kota Mojokerto Jalan Raya Surodinawan Nomor 55 Prajurit Kulon Kota Mojokerto, Selasa (18/07/2017).    

Tidak kurang dari 200 siswa baru yang dalam masa pengenalan lingkungan sekolah (PLS) hadir dalam pembekalan tersebut terdiri dari  SMA PGRI 1, SMK Kesehatan, SMK Ahmad Yani dan SMA/SMK Muhamadiyah Kota Mojokerto dalam rangka masa pengenalan lingkungan sekolah.

Kepala Badan Kesatuan bangsa dan Politik Kota Mojokerto Anang Fahrur Roji, S.Sos., M.Si, dalam kata sambutannya menyampaikan harapannya agar para siswa/siswi dapat menyerap, memahami dan menerapkan materi yang disampaikan Kasdim 0815 Mojokerto guna menjaga keutuhan NKRI.

Sementara itu, Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos dalam materinya berjudul "Peran Generasi Muda Dalam Menjaga Keutuhan NKRI", mengupas tentang, Sejarah Bangsa Indonesia dari masa ke masa, Kondisi Bangsa Indonesia saat ini, Posisi Indonesia yang strategis, Potensi berbagai ancaman yang ada melalui proxy war seperti peredaran Narkoba, faham radikal, penetrasi budaya asing yang tidak sesuai dengan kultur masyarakat Indonesia diantaranya pergaulan/seks bebas dan lain-lain.

Kasdim juga memaparkan upaya untuk menghadapi proxy war atau perang yang memanfaatkan berbagai aspek berbangsa dan bernegara melalui pemahaman sejarah bangsa dan wawasan nusantara, pengetahuan tentang bela negara, Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI), serta penguatan dan pemantapan wawasan kebangsaan secara totalitas yang mutlak bagi semua warga negara utamanya generasi muda selaku pewaris kepemimpinan nasional di masa mendatang.

Para siswa-siswi tampak antusias menyimak materi yang diberikan, sesekali Kasdim melontarkan pertanyaan dibarengi joke-joke segar sehingga para siswa semakin termotivasi.  

Usai memberikan materi, Kasdim 0815 Mojokerto, mengajak siswa-siswi untuk memahami dan mengamalkan tata nilai Pancasila dan Budaya Adiluhung dengan tetap memelihara semangat ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dan memupuk serta memperkokoh semangat persatuan demi Keutuhan NKRI. (Penrem 082/CPYJ).

0 komentar:

Posting Komentar