Hot!

Peringati HUT Ke-10, Saka Wira Kartika Kodim 0815 Mojokerto Gelar Bakti Pramuka




MOJOKERTO.    Dalam rangka memperingati HUT Ke-10 Saka Wira Kartika Tahun 2017 di wilayah Kodim 0815 Mojokerto.  Saka Wira Kartika Kodim 0815 Mojokerto melaksanakan Bakti Pramuka Saka Wira Kartika secara serentak di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto, Sabtu (28/10/2017).

Sejumlah 1.090 orang dilibatkan dalam bakti pramuka ini terdiri dari 118 orang pembina dan 972 orang anggota Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0815 Mojokerto yang tersebar di 19 Koramil dan Pos Mojoanyar.  Sasaran bakti pramuka meliputi pembersihan sarana ibadah, pembersihan fasilitas umum serta bakti sosial di sekitar wilayah Ranting Saka Wira Kartika Koramil/Pos masing-masing.

Tercatat ada 20 lokasi yang menjadi sasaran Bakti Pramuka, yaitu 13 lokasi pembersihan sarana ibadah di Masjid Al-Mujahidin Prajurit Kulon, Musholla SMK PGRI Sooko, Masjid Istiqomah Desa Mojowatesrejo Kemlagi, Masjid Baiturrohman Jetis, Musholla Al-Ghozali Desa Awang-Awang Mojosari, Musholla Al-Ikhlas Desa Sumberbendo Bangsal, Musholla Al-Ikhlas Desa Purworejo Pungging, Masjid Darussalam Dlanggu, Masjid Baithul Ghofar Jatirejo, Masjid At-Taqwa Pacet, Musholla SMAN 1 Trawas, Masjid Al-Hasyimi Sekar Putih Magersari dan Musholla Al-Imam Damarsi Mojoanyar.

Selain pembersihan sarana ibadah, bakti pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0815 Mojokerto juga membantu pembangunan Masjid Watesumpak Trowulan, pembersihan makam umum Desa Medali Puri, pembersihan kanan kiri ruas jalan raya Gedeg, pembersihan Lapangan Desa Pulorejo Dawarblandong, pembersihan lingkungan MA Al-Islamiyah Ngoro, pembersihan Monumen Sabtu Legi Kutorejo, pembersihan saluran air SMAN 1 Trawas dan pembersihan makam umum Desa Pohjejer Gondang.   

Dandim 0815 melalui Pasiter Kodim 0815 Mojokerto Kapten Arah Supriyono mengungkapkan, Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional yang dibentuk melalui kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat dengan tujuan mengembangkan pendidikan bela negara dan gerakan kepramukaan.  Selain itu pembentukan Saka Wira Kartika ini, bertujuan untuk menumbuhkan dan membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bakti Pramuka atau karya bakti yang dilaksanakan Saka Wira Kartika Kodim 0815 Mojokerto dalam rangka HUT Ke-10 Saka Wira Kartika, merupakan pengamalan dari Dasa Darma Pramuka yang merupakan pedoman bagi Pramuka dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya pada poin Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. “Tentunya kita patut berbangga dengan kegiatan yang dilaksanakan Saka Wira Kartika ini dalam memperingati hari kelahirannya yang ke-10”, tandasnya.

Sebagai bagian dari masyarakat dan selaku generasi muda, Pramuka sudah seharusnya memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dan menjaga kelestarian alam, semoga kesadaran dan kepedulian Saka Wira Kartika ini dapat di-getoktular-kan kepada generasi muda lainnya”, pungkasnya. (Pendim-0815)

0 komentar:

Posting Komentar