Hot!

Dukung Program ODF, Danramil Kota Mojokerto Ikuti Pertemuan Jejaring STBM




MOJOKERTO.      Menjelang pelaksanaan program ODF di Kota Mojokerto Tahun 2018, Dinas Kesehatan Mojokerto menggelar pertemuan Jejaring STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di Ruang Pertemuan UPT Puskesmas Wates Kota Mojokerto, Rabu (15/11/2017).    Nampak hadir Danramil 0815/01 Prajurit Kulon yang diwakili Bati Tuud Pelda Maumi dan Danramil 0815/19 Magersari yang diwakili Bati Tuud Pelda Abdul Wahib.

Pertemuan Jejaring STBM tersebut, menghadirkan Staf Dinkes Provinsi Jatim, Edi Basuki, yang menjelaskan diantaranya pengertian ODF (Open Defecation Free) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan (BABS).  Dijelaskan pula tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Sanitasi total adalah kondisi ketika suatu komunitas/kelompok masyarakat sudah tidak Buang Air Besar (BAB) sembarangan atau adanya jamban sehat, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah dengan benar, mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman, terangnya.

Untuk itu semua kelurahan lokasi kota sehat harus sudah ODF dengan memaksimalkan peran tokoh agama, tokoh masyarakat dan kerja sama semua lapisan masyarakat.  Program ODF bisa diberlakukan di Kota Mojokerto karena potensi Kota Mojokerto sudah bagus dan sudah mulai mengadopsi kota sehat. 

Tomas, Toga, PKK sudah bisa diajak kerja sama dalam rangka memaksimalkan forum kota sehat.    Cara tercepat agar Kota Mojokerto ODF, maka selain mengedepankan peran tokoh, juga harus berkoordinasi dan menggandeng TNI-Polri dan beberapa Instansi Pemerintah guna memberi dukungan bagi kader pemicu STBM. 

Hadir dalam acara tersebut sekitar 45 orang, antara lain Ka Satpol PP Kota Mojokerto Mashudi, SE., Ka Dinkes Kota Mojokerto yang diwakili Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga Moch. Misbah, SKM., M.Mkes., Camat Magersari, Kapolsek Magersari, Kapolsek Prajurit Kulon, Ka UPT Puskesmas dan Kepala Kelurahan se-Kota Mojokerto. (Pendim 0815/Mjk)





0 komentar:

Posting Komentar