Hot!

Peranserta Kodim 0815 Mojokerto Dalam Gerak Jalan Perjuangan Mojosuro



         
MOJOKERTO.    Kodim 0815 Mojokerto turut berperanserta dalam kegiatan Gerak Jalan Perjuangan (GJP) Mojokerto – Surabaya yang rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.  Untuk memaksimalkan persiapan (GJP) Mojokerto – Surabaya tersebut, Kodim 0815 Mojokerto melalui Pasiops Kapten Inf Sasminto memimpin apel kesiapan dan pengecekan personel Kodim 0815 Mojokerto yang menjadi Tim Pendukung dalam kepanitiaan GJP, bertempat di halaman SMPN 3 Kota Mojokerto, Jalan Raya Cinde Nomor 2 Kelurahan Prajurit Kulon Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto, Sabtu (18/11/2017) siang.

Apel kesiapan dan pengecekan tersebut, diikuti Danramil 0815/01 Prajurit Kulon Kapten Cpl Sumaryono, Danramil 0815/19 Magersari Kapten Arh Suminto, personel gabungan anggota Makodim, Koramil 0815/01 Prajurit Kulon dan Koramil 0815/19 Magersari Kota Mojokerto berjumlah 24 orang.

Usai pengecekan personel, Pasiops Kodim 0815 Kapten Inf Sasminto membagi personel  menjadi enam kelompok tugas yang tergabung dalam kepanitiaan gerak jalan yakni Kelompok A sebagai Petugas Stempel, Kelompok B, C dan D  sebagai Petugas yang mengatur peserta perorangan dan Kelompok E Petugas yang mengatur peserta beregu ganjil/genap.

Dalam arahannya, Pasiops menegaskan, Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto – Surabaya yang dilaksanakan setiap tahun diselenggarakan atas kerja sama Pemprov Jatim dan Pemkot Mojokerto dalam hal ini Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Mojokerto.  

Tugas kita di sini sebagai Tim Pendukung dalam kepanitiaan gerak jalan yang bertugas untuk men-stempel dan mengatur barisan para peserta gerak jalan, untuk itu laksanakan tugas ini dengan maksimal dan penuh tanggung jawab. “Perhatikan faktor keamanan dan pengamanan pribadi termasuk para peserta, semoga kegiatan Gerak Jalan Perjuangan ini berlangsung aman, tertib dan lancar”, tegasnya.

Setelah memberikan pengarahan, selanjutnya Pasiops beserta anggota menuju titik start Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto – Surabaya yakni Lapangan Raden Wijaya Kelurahan Surodinawan Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto.

Untuk diketahui, Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto - Surabaya yang menempuh jarak 56 Km dengan start di depan Lapangan Raden Wijaya Prajurit Kulon Kota Mojokerto dan Finish di Tugu Pahlawan Kota Surabaya, diberangkatkan oleh Gubernur Jatim dan dihadiri Forkopimda Propinsi Jatim, Danrem 082/CPYJ Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo, S.IP., Walikota Mojokerto Drs. KH. Mas’ud Yunus, Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa, SE, Dandim 0815 yang diwakili Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Puji Hendro Wibowo, SH., S.IK, unsur Forkopimda Kabupaten dan Kota Mojokerto, Ka OPD Kota Mojokerto dan undangan.

Sejumlah 11.200 orang peserta turut meramaikan Gerak Jalan tersebut, terdiri dari Perorangan 2.226 orang, Peserta Beregu TNI-Polri 52 regu, Beregu Umum 577 regu dan Beregu Pelajar sebanyak 42 regu, dengan kostum beragam mulai uniform, kostum perjuangan, horor dan lain-lain.

Sebelum memberangkatkan peserta, Gubernur Jatim DR. H. Soekarwo, SH., M.Hum mengatakan, Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto – Surabaya merupakan napak tilas dari perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan NKRI.   Bangsa yang besar tidak boleh melupakan perjuangan dari para pahlawan yang telah memperjuangkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia, sebagai generasi penerus kita harus berjuang untuk mengisi kemerdekaan dan mempertahankan keutuhan NKRI karena NKRI harga mati.  Tegasnya.

Gubernur juga berpesan agar para peserta dapat menjaga disiplin dan kesopanan dalam perjalanan baik terhadap peserta lain maupun terhadap para penonton di sepanjang jalan, karena tujuan dari kegiatan gerak jalan ini adalah untuk mengenang jasa perjuangan dari para pahlawan bangsa serta memberdayakan olah raga gerak jalan di kalangan masyarakat. (Pendim 0815/Mjk)

0 komentar:

Posting Komentar