Hot!

TNI – Polri Di Mojokerto Bersinergi Amankan Perayaan Natal 2017 & Tahun Baru 2018


MOJOKERTO.   Guna memberikan rasa aman dalam Perayaan Natal Tahun 2017 bagi Umat Kristiani dan Pergantian Tahun Baru 2018, Kodim 0815 Mojokerto Rem 082/CPYJ mengerahkan sejumlah personelnya di Koramil Jajaran yang tersebar di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto.

Pelaksanaan pengamanan Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 berlangsung sejak Sabtu lalu (23/12)  hingga 1 Januari 2018 mendatang, yang tergabung dalam Operasi Lilin Semeru 2017 yang digelar Polres Mojokerto dan Polres Mojokerto Kota.

Kegiatan Misa dan Perayaan Natal yang berlangsung di seluruh Gereja di wilayah Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto sudah dimulai sejak tanggal 23 Desember 2017, walaupun hanya berlangsung di beberapa titik seperti di Gereja Bethel “Rock” Jalan Majapahit Kota Mojokerto, Gereja Allah Baik Jl. Cokroaminoto No. 07 Kota Mojokerto, Gereja GKJW Pepanthan Dusun Banyulegi Desa Banyulegi Kecamatan Dawarblandong dan Gereja Bethel Tabernakel Dusun Dukuh Desa Jatidukuh Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto.

Berikutnya pada tanggal 24 Desember 2017 yang merupakan puncak malam Perayaan Natal kegiatan Ibadah dan Perayaan Natal berlangsung di 23 lokasi, menyeluruh di wilayah Kota maupun Kabupaten Mojokerto, dan esok harinya tanggal 25 Desember 2017,sampai dengan berita ini dibuat,  tercatat ada 32 kegiatan di 32 Gereja.

Sebelum kegiatan Ibadah Perayaan Natal, Petugas gabungan dari TNI, Polri dan instansi terkait melakukan sterilisasi baik di gereja maupun jema’at termasuk barang-barang bawaannya.  Prosedur pengamanan ini, tidak hanya diberlakukan di sejumlah gereja besar seperti Gereja Katolik Paroki Santo Yosef, Gereja Allah Baik dan GPIB Kota Mojokerto yang jumlah jema’atnya mencapai ribuan, namun menyeluruh termasuk di gereja-gereja di kawasan perdesaan seperti di Gereja Pantekosta Di Indonesia (GPDI) Dusun Kaliputih Desa KebonAgung Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto yang jema’atnya hanya mencapai kisaran 120 orang juga dilaksanakan sterilisasi yang dilakukan oleh Polsek Puri, Koramil 0815/04 Puri, Satintelkam, Bakesbangpol yang dibantu oleh Pemuda Gereja dan Banser.
  
Terlebih di Kawasan Pariwisata atau destinasi wisata, seperti Pacet yang terbilang banyak memiliki Gereja dan Kapela, diantaranya Gereja Katolik Santa Maria Bintang Kejora dan Gereja Barsyeba Jalan Gerilya Dusun Pacet Barat Desa Pacet, demikian pula wilayah Trawas yang walaupun tidak ada gereja namun pelaksanaan Ibadah Perayaan Natal berlangsung di Gedung Griya Samadi Yohanes Hotel Grand Whiz Desa Ketapanrame, Trawas, pelaksanaan pengamanan dilakukan cukup ketat dengan melibatkan unsur  TNI 4 personel, Polri 30 personel, Satpol PP 5 personel dan Security Internal 10 personel.

Sementara, di wilayah Kota Mojokerto dan Utara Sungai Brantas seperti Dawarblandong, Jetis, Gedeg dan Kemlagi, yang masuk wilayah hukum Polres Mojokerto Kota, sejumlah petugas dari Koramil dan Polsek setempat juga tampak di sejumlah gereja yang menghelat Perayaan Ibadah Natal Tahun 2017.
Secara terpisah Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH., melalui Pasiops Kodim 0815 Kapten Inf Sasminto, kegiatan pengamanan di seluruh gereja yang dilakukan TNI, Polri dan Instansi terkait yang terintegrasi bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi Umat Kristiani dalam menjalankan ibadah, serta menciptakan situasi yang kondusif di wilayah.

Selain di gereja, pengamanan juga dilakukan di sejumlah pos pengamanan, pos pantau dan pos pelayanan yang  tergelar di wilayah Kabupaten Mojokerto maupun Kota Mojokerto, tambahnya.(Pendim-0815)

0 komentar:

Posting Komentar