Hot!

Bati Bakti TNI Koramil 0815/04 Puri Bersama PPL & Poktan Lakukan Pengubinan Padi



Mojokerto.   Sebelum panen dilaksanakan acara pengukuran yang dalam istilah pertanian lebih dikenal dengan pengubinan, yaitu mengambil beberapa rumpun padi dalam area 2,5 meter x 2,5 meter, tujuannya untuk mengetahui berapa banyak hasil yang didapat saat panen dalam setiap hektar.

Seperti yang dilakukan  Bati Bakti TNI Koramil 0815/04 Puri Kodim 0815/Mojokerto, Peltu Mustofa berserta Babinsa Puri Kopda Rohadi dan Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Puri Suhartiningsih, SP bersama 5 orang anggota PPL, dan Ketua Poktan Sumber Rejeki I Desa Medali, Satuman, melaksanakan pengubinan di lahan sawah milik Satuman seluas 0,5 hektar, Dusun Medali, Desa Medali, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Selasa (27/03/2018).

Pengubinan dilakukan pada kotak ubinan seluas 2,5 x 2,5 meter2 tersebut, diperoleh hasil 6 Kg  dengan jenis Varietas padi Ciherang Sesuai perhitungan dari proses pengubinan tersebut, maka hasil panen yang didapat nanti diprediksi mencapai 9,6 ton/Ha.

Hal ini tentunya sangat menggembirakan bagi para petani dengan melihat hasil pengubinan di atas, bahwa panen kali ini terbilang sangat berhasil.  Itu semua tak lepas dari kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh para Babinsa dan PPL dan para petani dapat mempraktekan apa yang menjadi arahan petugas PPL”,  ucap Peltu Mustofa.  

Sehari sebelumnya, masih di wilayah Desa Medali Kecamatan Puri, juga dilaksanakan panen padi di lahan seluas 1,2 hektar, milik H. Mustofa, Poktan Sumber Rejeki II, Dusun Pesantren Desa Medali.  Pada panen padi di lahan seluas satu hektar tersebut, dilakukan Babinsa Medali Kopda Rohadi, Ketua Poktan Saikhul dan anggota Poktan, didapat hasil 8,16 ton.    

Demikian pula, panen padi di lahan milik H. Fadlan seluas 1,2 hektar, Poktan Sumber Rejeki IV, Dusun Sumput Desa Medali.  Panen padi dilakukan Babinsa, PPL dan Poktan dengan hasil 8,16 ton.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf MR Harjono, S.Sos, mengungkapkan, kegiatan pendampingan pengubinan dan panen padi yang dilakukan Babinsa, merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan guna mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah. Namun tentunya dalam pelaksanaannya dikoordinasikan dengan BPP dan PPL setempat. (Pendim-0815)

0 komentar:

Posting Komentar