Hot!

Danramil 0815/07 Jetis Terjun Langsung Dalam Pendampingan Panen Padi



Mojokerto.  Dalam upaya membantu kelancaran proses produksi padi, demi ketersediaan pangan di wilayah, Koramil 0815/07 Jetis Kodim 0815/Mojokerto mengerahkan sejumlah Babinsa untuk melakukan pendampingan panen padi.

Kali ini Babinsa Koramil 07/Jetis, Serma Hari Suyanto, melaksanakan pendampingan panen padi di area seluas 1,5 hektar, milik Mantri, Poktan Tani Sumber, Dusun Jeruk Kaputran Desa Banjarsari. Di area yang ditanami padi varietas Ciherang, hasil panen diperkirakan mencapai 9,5 ton, harga gabah kering panen (GKP) sementara pada kisaran Rp 4.4.00,- / Kg, Selasa (27/03/2018).

Masih di wilayah Jetis, tepatnya Dusun Gondang Desa Parengan, panen padi juga berlangsung di area seluas 1,5 hektar,  milik Slamet seluas 1,5 hektar, Poktab Tani Mulyo. Di lokasi ini, saat panen padi didampingi Babinsa Pelda Santoso, mencapai 9,5 ton. Harga gabah GKP saat ini tembus pada level Rp 4.400,-

Sementara Babinsa Bendung, Sertu Slamet Sugiarto, juga mendamping Poktan Tani Makmur,  Dusun Bendung Desa Bendung.  Di areal sawah seluas satu hektar milik Suhardi, yang ditanami jenis padi varietas Ciherang,  panen menghasilkan gabah 6,2 ton.

Tidak hanya Babinsa, Danramil 0815/07 Jetis Kapten Inf Hari Subiyanto, juga turun langsung, melaksanakan panen padi di areal persawahan Poktan Tani Subur Desa Mojorejo, Kecamatan Jetis,  Kabupaten Mojokerto.  Di areal sawah seluas satu hektar yang ditanami jenis padi varietas IR 64, didapat gabah sejumlah 6,2 ton, dengan harga jual GKP mencapai Rp 4.400,-.

Menurut Danramil, keikutsertaan para Babinsa dalam panen padi merupakan bagian dari pendampingan ketahanan pangan guna mengawal pencapaian swasembada pangan di wilayah. 

Danramil berharap, setelah panen ini para petani untuk segera mengolah lahan demi percepatan luas tambah tanam (LTT) sehingga target masa tanam tiga kali dalam setahun dapat terpenuhi.  “Dengan terpenuhinya target tanam tersebut maka pendapatan para petani akan meningkat dan sasaran swasembada pangan dapat tercapai”, tandasnya. *Pendim-0815*

0 komentar:

Posting Komentar