Hot!

Persiapkan Masa Tanam, Koramil 06/Kemlagi Operasionalkan Brigade Alsintan Kodim 0815 Mojokerto



Mojokerto.  Memasuki masa tanam (MT) padi tahun 2018 sejumlah petani yang tergabung dalam Poktan/Gapoktan melakukan pengolahan lahan. Masa persiapan MT ini disikapi Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto dengan melakukan pendampingan dalam pengolahan lahan.

Demikian pula dengan Koramil 06 Kemlagi yang menerjunkan Babinsa beserta satu unit hand traktor roda dua (TR 2) Brigade Alsintan Kodim 0815 Mojokerto guna membantu petani dan Poktan dalam pengolahan lahan.

Operasional Brigade Alsintan ini dilakukan di lahan seluas 0,2 hektar milik Raharjo, Poktan Lohjinawi, Dusun Balong Jati Babah Desa Mojowatesrejo Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto, Sabtu (17/03/2018).

Babinsa Mojowatesrejo Peltu Yahman dengan setia mendampingi operator saat pengolahan lahan sawah di lokasi Poktan Lohjinawai. Dan hampir sepekan ini, Brigade Alsintan dioperasionalkan di wilayah Desa Mojowatesrejo. Sebelumnya di lahan Poktan Ayem Tentrem dan Poktan Tani Muda.

Seperti yang kita ketahui bersama,  pengolahan tanah sawah dalam usaha budidaya padi bertujuan untuk menciptakan keadaan tanah olah yang siap tanam baik secara fisik, kimia, maupun biologis sehingga tanaman yang dibudidayakan akan tumbuh dengan baik. 

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal  maka lahan sawah harus diolah secara baik karena lahan sawah merupakan tempat mengambil cadangan hara yang dibutuhkan tanaman padi. Selain itu, pengolahan tanah juga bertujuan untuk memperoleh struktur tanah yang dibutuhkan bagi pertumbuhan benih atau akar.

Pengolahan tanah yang baik dibagi dalam dua tahap, yaitu pengolahan tanah pertama atau pembajakan dengan kedalaman pembalikan tanah antara 15 sampai 20 cm. Pada pengolahan lahan tahap kedua yang disebut dengan istilah penggaruan, bertujuan untuk menghancurkan bongkahan tanah hasil pembalikan. 

Secara terpisah, Danramil 0815/06 Kemlagi Kapten Inf Eko Wahyudi,  menuturkan, pengolahan lahan yang baik sebelum padi ditanami adalah salah satu kunci utama dari keberhasilan panen. Pertumbuhan tanaman padi akan dipengaruhi  proses pengolahan yang dilakukan sebelum ditanami, terangnya. 

Dioperasionalkannya hand traktor TR2 dari Brigade Alsintan Kodim 0815 Mojokerto, bertujuan untuk membantu para petani dalam persiapan masa tanam sehingga hasil panen nanti lebih maksimal dan para petani akan diuntungkan,  ucap Danramil. (Pendim-0815)

0 komentar:

Posting Komentar