Hot!

Kasdim 0815 Mojokerto Hadiri Kegiatan Forum Silaturahmi Umat Beragama Bersama Ormas, Toga, Toda di Mojosari

MOJOKERTO.          Komandan Kodim 0815 Mojokerto yang diwakili Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, hadir dalam kegiatan Forum Silaturahmi Umat Beragama Bersama dengan Pemerintah Daerah, Ormas,Toga,Toda Untuk Mempersatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia, pada Rabu malam (1/3/2017) bertempat di Pendopo Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto.

Dalam kata pembuka sekaligus sambutan, Camat Mojosari H. Abdullah, SH, MM, menyampaikan kegiatan silaturahmi ini diharapkan dapat mempererat kerukunan antar elemen masyarakat, bersinergi dengan pemerintah guna menangkal perpecahan, memperkokoh persatuan dan menangkal pengaruh-pengaruh negatif yang akan merongrong kedaulatan demi tegaknya NKRI yang kita cintai.
Lanjut Camat, selama ini masyarakat Mojosari dengan segala ke-Bhinnekaan-nya telah membuktikan bahwa mereka dapat hidup berdampingan dengan baik dan tanpa ada permasalahan SARA yang terjadi, sehingga kestabilan situasi Kamtibmas ini dapat memacu laju pertumbuhan perekonomian yang kian pesat di Mojosari. 
Mengharapkan kepada para tokoh lintas agama di Mojosari agar dapat memberikan himbauan dan mengendalikan umatnya untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hukum maupun mengganggu stabilitas keamanan.

Dandim 0815 Mojokerto yang diwakili Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, menyampaikan bahwa Kecamatan Mojosari adalah satu- satunya Kecamatan di wilayah Kabupaten Mojokerto yang selalu aktif untuk melakukan kegiatan silaturahmi antar umat beragama dengan Muspika Mojosari maupun Forkopimda Kabupaten Mojokerto, semoga ke depan hal ini dapat berlangsung di seluruh Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Kasdim melanjutkan, bahwa tanggung jawab untuk menjaga keutuhan NKRI tidak hanya berada dipundak TNI maupun POLRI akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat yang merupakan warga negara Indonesia.  

Kasdim juga menegaskan tentang  Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara yakni Pancasila sebagai karakter bangsa, UUD 1945 sebagai landasan konstitusional, NKRI sebagai rumah bersama yang merupakan hasil jerih payah para pejuang dan pendiri bangsa, Ke-Bhinneka-an yang dimaknai sebagai kerukunan dalam keberagaman baik suku, agama, ras, antar golongan, budaya maupun bahasa.  Semua itu merupakan perekat dan pemersatu bangsa. Tegas Kasdim. 

Pentingnya memperteguh wawasan kebangsaan sebagai sarana untuk membangun karakter bangsa yang tujuannya untuk menjaga sejarah kebangsaan dan cinta NKRI serta merevitalisasi sekaligus mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita menjadi bangsa yang kuat, rukun bersatu, berdaya saing dan sejahtera dalam bingkai NKRI. Tandas Kasdim.

 Diakhir sambutannya, Kasdim mengajak semua elemen, Ormas dan para tokoh untuk bersatu demi menegakkan dan membangun NKRI sesuai bidang masing-masing, dengan senantiasa berperanserta secara aktif dalam mencetak dan membekali kader-kader generasi penerus bangsa.
           
Acara dilanjutkan penyampaian dari Kapolres Mojokerto yang diwakili Kasat Binmas AKP Bambang Sujatmiko SE, yang intinya tentang pentingnya menjaga kebhinnekaan demi Indonesia Tetap Jaya,  meminta dukungan terkait upaya penegakkan hukum demi terciptanya kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Juga menginformasikan dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Operasi Simpatik yang dilakukan oleh Polri secara serentak di seluruh Indonesia
           
Hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Mojosari bersama Forpimka Mojosari, kurang lebih 250 orang, antara lain, anggota DPRD Kabupaten Mojokerto Sdr. Hendro Purnomo SE Pengurus Cabang NU Kabupaten Mojokerto H. Nawawi, Kapolsek Mojosari Kompol Heru Sucahyo SH, Danramil 0815/09 Mojosari Kapten Inf Wiyanto, Tokoh Agama KH. DR. M. Zainul Ibad, MSc, yang juga Pimpinan Institut Agama Islam Uluwiyah Mojosari, KH. Ali Masadi Pimpinan Ponpes Darul Hikmah Sawahan Mojosari,  Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa se-Kecamatan Mojosari, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Fatayat NU se-Mojosari.


0 komentar:

Posting Komentar