Hot!

Koramil 0815/17 Trawas Bersama Tiga Pilar dan Relawan Macan Putih Kompak Bantu BPBD dalam Pemersihan Material Longsor

MOJOKERTO.         Tiga Pilar Kecamatan Trawas (Koramil, Polsek, Kecamatan) dan Relawan Macan Putih kompak berperanserta mendukung BPBD Kabupaten Mojokerto dalam pembersihan material longsor  di wilayah Kecamatan Trawas pada Rabu sore (1/3/2017).

        Longsor di Jalan Raya Trawas – Jolotundo tepatnya di tebing Watu Bajul perbatasan antara Desa Kedungudi dan Desa Seloliman terjadi pada Selasa malam lalu (28/02) yang disebabkan hujan deras dengan intensitas cukup tinggi yang melanda wilayah tersebut.  Longsor yang terjadi di 4 titik yang masin-masing lokasinya berdekatan sekira 150 meter telah mengakibatkan jalan tertutup material longsor kurang lebih sepanjang 50 meter dengan ketebalan 1 meter.

Tebalnya material longsor berupa bebatuan bercampur lumpur tidak bisa dibersihkan secara manual dan harus menggunakan alat berat (ekskavator), sehingga untuk membersihkannya BPBD Kabupaten Mojokerto mendatangkan alat berat. 

Pada Rabu sore (01/03) sekira pukul 16.00 WIB pembersihan material longsor selesai namun secara bersamaaan hingga petang sekira pukul 17.00 WIB hujan kembali mengguyur wilayah tersebut, sehingga longsor kembali terjadi  di 4 titik.  

Satu titik diantaranya di area yang sama, Watu Bajul  perbatasan antara Desa Kedungudi dan Desa Seloliman, material bebatuan dan tanah menutup jalan dengan ketebalan 1,5 meter dengan panjang sekira 50 meter, longsoran tersebut tidak dapat dikerjakan secara manual dan harus menggunakan alat berat.

Satu titik lokasi tanah longsor di Dusun Kemloko Desa Trawas tepatnya di jalan menuju Desa Cembor Kecamatan  Pacet dari ketinggian tebing sekira 10 meter dan lebar 7 meter hingga menutup separuh badan jalan dan mengakibatkan kendaraan R4 tidak bisa melintas, sekira pukul 17.30 WIB pembersihan material longsor selesai secara manual.

Lokasi tanah longsor lainnya di Desa Selotapak 1 titik dari tebing setinggi 5 meter dan lebar 6 meter menutup separuh badan jalan, berhasil diatasi secara manual.  Kemudian 1 titik di depan Alfamart  Desa Trawas menutup jalan raya sepanjang 50 meter dengan ketebalan 15 cm sehingga menghambat arus lalu lintas namun pukul 19.00 WIB dapat diatasi secara manual. Dan satu titik di jalan raya samping Hotel Sumber Rejeki Desa Sukosari, longsor dari tebing setinggi 5 meter dan lebar 4 meter menutup 1/3 jalan sempat menghambat arus lalu lintas, namun pukul 20.00 WIB dapat diatasi secara manual dengan melibatkan Tiga Pilar Kecamatan Trawas, Relawan Macan Putih dan warga setempat.  


Turut serta dalam kegiatan pembersihan material longsor, antara lain anggota BPBD Kabupaten Mojokerto, Anggota Koramil 0815/17 Trawas, anggota Polsek Trawas, Anggota Satpol  PP Kecamatan Trawas, Relawan Macan Putih dan Warga. 

0 komentar:

Posting Komentar