Hot!

Koramil 0815/10 Bangsal Bersama Masyarakat Perbaiki Tanggul Jebol Di Desa Salen

MOJOKERTO.         Hujan deras disertai angin yang melanda wilayah Kabupaten Mojokerto pada Ahad (26/03/2017) telah menyebabkan meningkatnya debit air pada sungai-sungai yang  berhulu di pegunungan bagian selatan wilayah Kabupaten Mojokerto.   Salah satunya Sungai Sumber Ngrayung yang mengalir dari wilayah Jatirejo dengan melintasi wilayah Bangsal turut mengalami peningkatan debit air.

            Ketidakmampuan penampang Sungai Sumber Ngrayung dalam menampung debit air yang  terus meningkat menyebabkan jebolnya tanggul sungai tersebut di 3 titik sepanjang antara 3  sampai dengan 5 meter, tepatnya di wilayah Dusun Salen dan Dusun Dadapan Desa Salen Kecamatan Bangsal sehingga meluap ke area   persawahan dan pemukiman warga dengan ketinggian mencapai 40 Cm, Ahad Petang (26/03/2017).  

            Walaupun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun lahan pertanian milik warga dan rumah warga di wilayah tersebut terendam air setinggi 40 Cm  bahkan beberapa warga Dusun Salen sempat mengungsi ke Balai Desa Salen untuk sementara waktu sambil menunggu surutnya air.
            Dalam upaya mengatasi jebolnya tanggul tersebut, Koramil 0815/10 Bangsal mengerahkan 6 orang personelnya dipimpin Bati Tuud Pelda Heri Purwanto untuk melaksanakan karya bhakti perbaikan tanggul yang jebol di tiga titik utama dan empat titik lainnya, bersama masyarakat Dusun Salen dan Dusun Dadapan Desa Salen kurang lebih 100 orang dipimpin Kasun Salen Sdr. Sulim, pada Senin (27/03/2017).
          Untuk mengefektifkan waktu dan memaksimalkan pengerjaan perbaikan tanggul yang  jebol, gabungan anggota TNI dan Masyarakat tersebut dibagi dalam 7 kelompok. Selanjutnya melakukan perbaikan tanggul dengan menggunakan bambu sebagai pengikat dan gedeg sebagai penahan kemudian diberi tumpukan karung berisi pasir (sand sak) dan campuran tanah.  Selain di ketiga titik tersebut, sebenarnya masih ada 4 titik lagi tanggul yang jebol di lokasi yang sama namun skalanya kecil antara 1 meteran dan langsung dikerjakan bersamaan
Secara terpisah, Danramil 0815/10 Bangsal Kapten Inf Anang Supriyanto menyampaikan,  bahwa perbaikan tanggul ini sifatnya sementara bertujuan untuk mencegah terjadinya kerugian  yang lebih besar apabila terjadi banjir susulan.   Mengingat sifatnya darurat maka perbaikan tanggul tersebut dilaksanakan melalui karya bhakti oleh TNI (Koramil 0815/10Bangsal) bersama masyarakat setempat.Terangnya. (Penrem 082)

0 komentar:

Posting Komentar