Hot!

Babinsa Sentonorejo Koramil 0815/02 Trowulan Dampingi Pengubinan

Mojokerto.    Dalam upaya mendukung gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu (GP-PTT) di wilayah Kecamatan Trowulan, Babinsa Sentonorejo Serda Gatot Wahyudiono bersama PPL setempat Ibu Poncorini melakukan pengubinan tanaman padi siap panen yang dikelola Poktan Srijaya III di Dusun Kemasan Desa Sentonorejo Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, Selasa (04/04/2017).
            Dalam kegiatan pengubinan yang dilakukan bersama Ketua Poktan Srijaya III Sdr. Solekhan, luas ubinan 2,5 meter2  diperoleh hasil sebanyak 5,5 Kg.  Sesuai perhitungan dari proses pengubinan tersebut, maka hasil panen dapat diprediksi mencapai 8,8 Ton / Ha untuk gabah kering sawah.  
Pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan oleh petugas pertanian maupun statistik untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian seperti padi,  teknik ini paling umum digunakan untuk memperkirakan potensi hasil gabah dalam luasan 1 hamparan (1 ha).  Dengan kegiatan pengubinan, maka para petani bisa mengetahui perkiraan potensi hasil dari tanaman padi yang dikelolanya.  (Penrem 082 CPYJ)


0 komentar:

Posting Komentar