Hot!

Sosiodrama Kolosal Perjuangan KH. Nawawi Meriahkan HUT Ke-72 TNI Di Mojokerto



 
MOJOKERTO.    Hari Ulang Tahun Ke-72 TNI Tahun 2017 di Mojokerto, dimeriahkan dengan tampilan sosiodrama kolosal “Perjuangan KH. Nawawi” yang diperankan oleh anggota TNI dari Kodim 0815 Mojokerto sebanyak 50 orang dan 100 siswa SMA Islam Gondang Mojokerto, di lapangan Cikaran Korem 082/CPYJ Jalan Gajah Mada Nomor 4 Kota Mojokerto, Kamis (05/10/2017).

Drama yang berlangsung dengan durasi sekitar 20 menit tersebut secara singkat menggambarkan perjuangan dan pengabdian KH. Nawawi pada masa revolusi fisik,  saat itu KH. Nawawi yang menjabat Komandan Laskar Sabilillah, yang wilayahnya meliputi Mojokerto, Kedamean Gresik, Sepanjang dan Sukodono Sidoarjo.  Beliau juga merupakan salah sayu Pendiri NU di Mojokerto.

Syuhada Kemerdekaan RI, KH. Nawawi gugur pada tanggal 22 Agustus 1946 dalam pertempuran melawan Belanda di Dusun Sumantoro Desa Plumpungan Sukodono Kab. Sidoarjo.  Jenazahnya kemudian ditandu oleh pasukan Laskar Sabilillah menuju rumah duka di Kelurahan Jagalan, Kecamatan Magersari Kota Mojokerto dan dimakamkan di TPU Dusun Mangunrejo Desa Sidoharjo Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto atau yang dikenal dengan Makam Losari.

Menurut Komandan Kodim 0815, Letkol Czi Budi Pamudji, menyampaikan melalui pentas sosiodrama Syuhada Kemerdekaan dan Komandan Laskar Sabilillah di Mojokerto, KH. Nawawi tersebut, diharapkan agar masyarakat khususnya generasi muda tidak melupakan sejarah dan menghargai jasa para pahlawan.  

“Sifat patriotik dan nilaii-nilai luhur yang beliau miliki patut kita suritauladani, ingat, Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai jasa para Pahlawannya”, tegas Dandim.

Ini sekaligus pesan kepada generasi muda selaku generasi penerus bangsa untuk mendharmabaktikan hidupnya sebagaimana leluhur kita yang telah berjasa dalam mendirikan dan membangun Indonesia" terangnya. 

Selain sosiodrama kolosal, HUT TNI kali ini juga diisi dengan istighotsah dan do'a bersama untuk para pejuang yang gugur dalam membela NKRI, ucap Dandim usai menjadi Irup pada HUT Ke-72 TNI di Lapangan Cikaran.

0 komentar:

Posting Komentar