Hot!

Latihan Teknis Teritorial Kodim 0815 TA. 2017, Resmi Ditutup

Mojokerto.       Komandan Kodim 0815 Mojokerto yang diwakili Kepala Staf  Kodim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, berkesempatan menutup secara resmi kegiatan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) Kodim 0815 Tahun Anggaran (TA) 2017, pada Jum’at sore (10/03/2017) pukul 14.30 WIB bertempat di Pendopo Agung Trowulan Kabupaten Mojokerto.

            Tidak kurang dari sepekan sejumlah 240 peserta latihan yang terdiri dari Danramil dan Babinsa mendapatkan pembekalan materi teori dan praktek diantaranya deteksi dini dan cegah dini, manajemen teritorial dan komunikasi sosial.  Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan profesionalisme Prajurit dalam menunjang pelaksanaan tugas pembinaan wilayah.
Sebelum acara penutupan, terlebih dahulu Kasdim 0815 melakukan evaluasi atas pelaksanaan latihan yang telah digelar selama sepekan.   Untuk mengetahui sejauhmana serapan materi teori dan praktek yang telah diterima oleh para peserta, Kasdim melakukan pengecekan secara acak terhadap lima personel Babinsa dari Koramil.  Untuk materi teori seputar kemampuan temu cepat lapor cepat dihadapkan pada situasi, Sikap Teritorial, dan lain-lain. Sedangkan materi praktek komunikasi sosial (Komsos) disimulasikan dalam kegiatan rapat persiapan bersih desa menjelang Peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus, dikaitkan dengan peran Babinsa.

            Dalam amanat yang dibacakan Kasdim 0815, Dandim 0815 Mojokerto menekankan, Latihan Teknis Teritorial yang dilaksanakan setiap tahun dengan materi yang sama, jangan dianggap seremonial belaka, namun diharapkan para peserta harus benar-benar memahami materi yang telah diberikan oleh para guru militer (Gumil) / pelatih sehingga dapat menerapkan secara maksimal dalam pelaksanaan tugas di lapangan.   “Harus ada nilai tambah positif dan setiap tahun harus ada peningkatan”. Tegas Dandim diakhir amanatnya yang dibacakan Kasdim.    

            Ditambahkan oleh Kasdim, seusai pelaksanaan Latnister ini diharapkan para Babinsa dapat mengaplikasikan dalam pelaksanaan pembinaan teritorial di wilayah binaan masing-masing. 
Lebih lanjut Kasdim, khusus untuk personel yang baru menjabat Babinsa jangan segan untuk belajar dan bertanya kepada para senior, demikian pula untuk Babinsa yang senior jangan pelit untuk men-transfer ilmu kepada yunior-nya.   “Pastikan keberadaan dan kehadiran para Babinsa harus berdampak positif di wilayah binaan”. Pungkas Kasdim.

Turut hadir dalam acara penutupan Latnister Kodim 0815 TA. 2017, antara lain para Danramil dan Pa Staf Kodim 0815, para Babinsa jajaran Kodim 0815 Mojokerto dan Tim Pendukung.




0 komentar:

Posting Komentar